September 28, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Memperkenalkan Mie Ayam Vonogiri ke Daerah Lain di Indonesia – Sel, 20 Mei 2021

Johannes Hudabarat (Jakarta Post)

Premium

Jakarta
Musim Gugur, 20 Mei 2021

Rathiman pertama kali datang ke Jakarta pada tahun 1963. Pada tahun-tahun terakhir masa jabatan Presiden Sukarno, perkampungan kumuh dan kemiskinan dengan cepat menjadi pemandangan yang akrab bagi pria berusia 22 tahun itu.

Meski begitu, kota itu menjanjikan masa depan yang lebih baik bagi Rathiman. Ia meninggalkan rumahnya di Tungkulrejo, di Vonogiri, Jawa Tengah, di mana daerah pegunungan menyebabkan kekeringan yang tiada henti, menghasilkan satu budaya yang didominasi oleh singkong. Bekerja di ladang singkong sepanjang masa dewasanya adalah hal yang ditakuti Ratiman, ia melihat Jakarta sebagai jalan keluar.

Begitu sampai di ibu kota, Rathiman menemukan hampir satu dekade sebelum menemukan pekerjaannya sebagai pembuat mie di sebuah pabrik milik seorang pengusaha Tionghoa-Indonesia sebelum memulai pekerjaan kandang pertamanya. Pabrik berlokasi di Jl. Ballast di Bazaar Market di Jakarta Pusat. Pasar adalah yang terbesar di negara ini …

Baca cerita lengkapnya

Berlangganan sekarang

IDR mulai dari 55.000 / bulan

  • Akses tak terbatas ke konten kami di web dan di aplikasi
  • Tanpa iklan, tanpa gangguan
  • Berlangganan bonus untuk berbagi
  • Tandai fungsi dalam aplikasi dan mode malam
  • Berlangganan buletin kami

READ  Para pemimpin keamanan di Jepang dan Indonesia menentang tindakan tegas China