Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Letusan gunung berapi disertai abu dan puing-puing di desa lada di Indonesia

Letusan gunung berapi disertai abu dan puing-puing di desa lada di Indonesia

Manado, Indonesia –

Gunung berapi Gunung Ruang di Indonesia meletus untuk kedua kalinya dalam dua minggu pada hari Selasa, memuntahkan abu hampir dua kilometer (lebih dari satu mil) ke langit, menutup bandara dan mengotori desa-desa terdekat dengan puing-puing.

Tingkat kewaspadaan gunung berapi di Pulau Sulawesi kembali dinaikkan ke tingkat tinggi oleh Badan Geologi Indonesia setelah sensor mendeteksi peningkatan aktivitas gunung berapi. Badan tersebut mendesak warga dan pendaki untuk tinggal setidaknya enam kilometer (3,7 mil) dari kawah gunung berapi.

Gunung berapi setinggi 725 meter (2.378 kaki) di provinsi Sulawesi Utara ini terletak sekitar 95 kilometer (59 mil) timur laut Bandara Internasional Sam Ratulangi di ibu kota provinsi, Manado.

Bandara ditutup pada Selasa pagi karena berkurangnya jarak pandang dan bahaya yang ditimbulkan oleh abu terhadap mesin pesawat, kata presiden otoritas bandara regional Amber Suryoko.

Abu, bebatuan, dan bebatuan berjatuhan dari langit di kota-kota besar dan kecil di wilayah tersebut, termasuk Manado, yang merupakan rumah bagi lebih dari 430.000 orang.

“Gelap karena di pos tersebut terjadi hujan batu akibat ledakan,” kata Julius Ramopoli, Kepala Pos Pengamatan Gunung Ruang. “Getarannya sangat hebat dan mematikan aliran listrik, dan gempa vulkanik mengguncang jendela kaca dan segala sesuatu di sekitar kami.”

Dia mengatakan letusan tersebut menghalangi sinar matahari dan banyak desa dikelilingi oleh puing-puing yang berjatuhan. Ramopoli mengatakan tidak ada korban jiwa.

Lebih dari 11.000 orang dievakuasi setelah letusan 17 April, ketika para pejabat memperingatkan bahwa letusan besar dapat menyebabkan sebagian gunung berapi meluncur ke laut dan menyebabkan tsunami yang dapat membahayakan desa-desa di sekitarnya.

Kurang dari 3.000 orang tinggal di tempat penampungan sementara ketika pemerintah menurunkan tingkat kewaspadaan dari tingkat empat ke tingkat tertinggi kedua dan membuka kembali bandara empat hari kemudian.

READ  Penyanyi Indonesia Hanin Diya menghiasi papan reklame NY Time Square dengan Spotify

Badan Geologi Indonesia pada Selasa memperingatkan masyarakat di Pulau Dagulandang, terutama yang tinggal di dekat pantai, akan adanya awan panas vulkanik dan kemungkinan terjadinya tsunami dari material yang masuk ke laut atau kubah vulkanik yang runtuh ke laut.

Rwangan merupakan salah satu dari 130 gunung berapi aktif di Indonesia. “Cincin Api” Pasifik — Negara kepulauan ini rentan terhadap letusan gunung berapi dan gempa bumi akibat serangkaian garis patahan yang membentang dari Pantai Barat Amerika Serikat hingga Jepang dan Asia Tenggara.

——


Penulis Associated Press Ninik Karmini dan Edna Tarigan di Jakarta berkontribusi untuk laporan ini.