Juni 17, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia diperkirakan meningkat – Dubes

JAKARTA (18 September): Kunjungan wisatawan Indonesia ke Malaysia diperkirakan meningkat menjadi 2,68 juta tahun ini dari 1,48 juta tahun lalu.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Syed Md Hazrin Tenghu Hussin mengatakan, saat ini ada 550 penerbangan yang dioperasikan setiap minggunya oleh perusahaan seperti Malaysia Airlines, AirAsia, Firefly, Batik Air, dan Transnusa Airlines.

Berbicara pada “Roadshow Sesi Jaringan Bisnis Sarawak ke Indonesia” pada hari Senin, ia mencatat bahwa beberapa rute baru telah disiapkan tahun ini dari Balikpapan dan Kertajati ke Kuala Lumpur dan dari Jakarta ke Kuching, Sarawak.

Selanjutnya akses laut menuju Malaysia dari Medan, Beganparu, Batam dan Nunukan, serta jalur darat dari Pontianak hingga Kuching, Sarawak terus meningkat, ”ujarnya.

Balikpapan dan Pancharmasin akan terus menjadi tuan rumah roadshow yang diselenggarakan oleh Sarawak Tourism Board (STB) di Jakarta sebagai upaya mempromosikan Sarawak kepada Malaysian Healthcare Travel Council (MHTC), Tourism Malaysia Jakarta dan masyarakat Indonesia. Asosiasi Agen Pariwisata dan Perjalanan Indonesia.

Sebelumnya, Syed MT Hazrin mengatakan, total wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 1.037.450 orang.

“Saya yakin dengan menjaga hubungan baik dan mendorong kerja sama bilateral, terutama dalam hal akses, maka industri pariwisata kedua negara dapat terus berkembang di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt CEO STB, Yusfida Khalid, mencatat Sarawak mencatat 200.000 kunjungan wisatawan Indonesia dari seluruh titik masuk pada Januari hingga Juni tahun ini, dibandingkan 46.000 wisatawan pada periode yang sama tahun lalu.