Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kookmin akan merombak sektor perbankan Indonesia dengan digitalisasi

Kookmin akan merombak sektor perbankan Indonesia dengan digitalisasi

Kookmin Bank membangun perpustakaan komunitas di Indonesia pada bulan Desember 2023 (Atas izin Kookmin Bank)

KB Bucobin, unit perbankan Indonesia dari Goomin Bank Korea Selatan, telah memperpanjang kerugian berturut-turut pada kuartal pertama, terbebani oleh tingginya cadangan kerugian pinjaman yang terkait dengan pemilik usaha kecil di sektor pariwisata yang lesu setelah wabah Covid-19. .

Sekarang unit Indonesia, Berganti nama menjadi Bank KP, bersiap untuk perubahan tahun depan. Ia mencoba memperluas basis pelanggannya ke pelanggan korporat dengan mendigitalkan bisnisnya untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi operasinya.

Unit perbankan Indonesia melaporkan kerugian bersih sebesar 53 miliar won ($39 juta) pada kuartal Januari-Maret. Seorang pejabat Kookmin Bank mengatakan kerugian tersebut sebagian besar disebabkan oleh penurunan nilai kredit bermasalah berdasarkan standar yang lebih ketat.

Tidak termasuk biaya pencadangan terhadap kerugian pinjaman, pendapatan kuartal pertama Bank KB naik 9,4% menjadi 130,4 miliar.

Pada tahun 2022, kerugian bersihnya mencapai 802,1 miliar won, melonjak hampir 20 kali lipat dari kerugian sebesar 43,4 triliun won pada tahun 2020.

(Grafik Taman Cerah)

Pada tahun 2018, Kookmin memenangkan 22% saham di sebuah bank Indonesia senilai 116,4 miliar, menjadikannya pemegang saham terbesar kedua dalam ekspansi global.

Memiliki meningkatkan kepemilikannya menjadi 67% saham Pemberi pinjaman menang dengan tambahan investasi sebesar 300 miliar pada tahun 2020.

Untuk mengakuisisi saham mayoritas, Indonesia mendapat persetujuan khusus dari otoritas keuangan Indonesia untuk memiliki hingga 40% kepemilikan asing di bank lokal.

Sejak membeli 22% saham KB Bukopin pada tahun 2018, Kookmin Bank telah menyalurkan sekitar 1,5 triliun won ke cabang Indonesia untuk meningkatkan kepemilikannya dan mempertahankannya. Ini setara dengan hampir setengah dari laba bersih Kookmin sebesar 3,3 triliun pada tahun 2023.

Pada tahun 2021, pemberi pinjaman terbesar Korea Selatan membayar 393,5 miliar won ke unit Indonesia, dan 709,0 miliar won untuk membeli saham barunya pada tahun 2023.

READ  Sidang penembakan Paniai telah dimulai di Pengadilan HAM Indonesia

Para pimpinan bank Korea Selatan bertemu di Indonesia untuk membahas ekspansi bisnis di negara tersebut

Sebagai bagian dari upaya mempertahankan diri yang drastis, Bank KB telah menutup lebih dari separuh cabangnya dan mengurangi staf melalui PHK dan pensiun dini. Perusahaan ini mengoperasikan 172 cabang pada Maret tahun ini, naik dari 435 pada tahun 2021. Tenaga kerjanya turun 45% menjadi 2.695.

Upaya restrukturisasi ini sangat kontras dengan ekspansi agresif Wuri Bank di negara Asia Tenggara.

Bank Woori Saudara, cabang Woori Bank Korea Selatan di Indonesia, mencatat laba bersih sekitar 60 miliar setiap tahunnya. Jumlah cabangnya meningkat menjadi 160 pada akhir tahun lalu, naik 34,5% dari 119 pada tahun 2014 ketika bank Korea Selatan mengambil alih.

Untuk memperkuat bisnisnya di Indonesia, KB Bank akan memperluas kerja sama dengan perusahaan sejenis di bawah KB Financial Group, termasuk KB Securities Co. dan Kookmin Card Co. telah memantapkan kedudukannya di Indonesia.

Menulis ke Bo-Hyung Kim dan Eui-Jin Jeong di [email protected]
Yeonhee Kim mengedit artikel ini