Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Klip calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, Dr. menambah semangat lawannya

Klip calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, Dr. menambah semangat lawannya

Hak Cipta © AFP 2017-2023. Seluruh hak cipta.

Dokter Video memperlihatkan calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, “dipermalukan” oleh warga yang bersorak untuk lawannya Anis Baswedan. Klip yang viral di media sosial menjelang pemilihan presiden Indonesia 2024 itu telah dilihat ratusan ribu kali. Faktanya, dalam video aslinya, massa meneriakkan nama Prabowo, bukan Anise.

Yang Sebenarnya/Prabowo Solo Dipermalukan Warga/Orang Pintar Pilih Anies Baswedan,” demikian bunyi stiker berbahasa Indonesia di TikTok. VideoDiunggah pada 30 November 2023.

“Warga Solo teriak-teriak ‘Presiden Anese’ saat Prabowo dan Jokowi pergi,” terdengar suara sulih suara dalam bahasa Indonesia.

Solo adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah Kota asal Presiden Indonesia Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi (Tautan yang diarsipkan)

Video berdurasi 26 detik tersebut, yang telah ditonton lebih dari 1.000 kali, menampilkan Jokowi dan saingannya Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto — Pemilihan presiden mendatang Pada bulan Februari 2024 — “Anis Presiden!” Sorakan kepada warga yang sepertinya meneriakkan hal itu

Tangkapan layar postingan yang salah diambil pada 12 Desember 2023 (Satya Adi)

Dalam pemilu tersebut, Prabowo diadu dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Menteri Pertahanan akan berhadapan dengan mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo.

Postingan ini beredar setelah masa kampanye resmi dimulai Pada tanggal 28 November 2023 (Tautan yang diarsipkan)

Setelah dibagikan di TikTok dengan klaim serupa, video yang sama telah ditonton 649.000 kali. Di Sini, Di SiniDan Di SiniDan juga pada Facebook.

Faktanya, AFP menemukan bahwa klip tersebut telah diubah untuk menyertakan audio yang tidak berhubungan — video aslinya tidak menunjukkan penonton meneriakkan nama Anees.

READ  BMKG memperkirakan perubahan cuaca menjelang Tahun Baru Imlek 2024 dan pemilu Indonesia

Pencarian kata kunci di YouTube menemukan klip serupa Video Diunggah oleh media lokal Merdeka.com pada 26 Juli 2023 (Tautan yang diarsipkan)

Penjelasan dalam video tersebut menyebutkan Jokowi dan Prabowo mengunjungi Pasar Buluang di Kabupaten Malang. Provinsi Jawa TimurPada tanggal 24 Juli 2023.

Klip yang dibagikan di postingan palsu tersebut sesuai dengan durasi 51 detik video MerdekaDotCom. Meskipun video tersebut memiliki musik latar, Anda dapat mendengarkan beberapa lagu berjudul “Prabovo”.

Perbandingan tangkapan layar video di postingan palsu (kiri) dan video Merdeka.com (kanan):

Perbandingan tangkapan layar video di postingan palsu (kiri) dan video Merdeka.com (kanan)

Adegan seperti kunjungan Jokowi dan Prabowo ke A Laporan video media lokal Tribunnews pada 24 Juli 2023 (Tautan yang diarsipkan)

Beberapa orang di sekitar kerumunan terdengar meneriakkan nama Prabowo, namun tidak ada yang menyebut nama Anise.

tim kampanye Prabowo Hingga 13 Desember 2023, calon presiden belum mengunjungi Solo sebagai bagian dari kampanyenya, menurut AFP.

Sampai bulan Desember 19Tahun 2023, tidak ada laporan masyarakat yang meneriakkan dukungan kepada Anies pada acara kampanye Prabowo.

AFP tidak dapat mengidentifikasi sumber pasti dari audio “Presiden Anies” tersebut.

Namun, serupa dengan nyanyian yang terdengar pada acara Anise lainnya Di Sini Dan Di Sini (Tautan yang diarsipkan Di Sini Dan Di Sini)