Oktober 7, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kereta api buatan China untuk jalur kereta cepat pertama di Indonesia telah tiba di Jakarta

JAKARTA: Kereta cepat KA Jakarta-Bandung gelombang pertama buatan China tiba di Pelabuhan Jakarta, Jumat (2/9).

Ini terdiri dari satu set kereta penumpang listrik dan kereta inspeksi untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia yang menempuh jarak 142 kilometer.

Kereta, yang meninggalkan pelabuhan Qingdao di provinsi Shandong, China timur dua minggu lalu, dibangun oleh CRRC Qingdao Sifang, anak perusahaan China Railway Rolling Stock milik negara.

Perusahaan akan mengangkut 10 set lagi kereta penumpang listrik untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi di Indonesia, yang merupakan bagian dari proyek tengara Belt and Road Initiative (BRI) China.

Ini adalah pertama kalinya kereta berkecepatan tinggi buatan China diekspor ke negara lain.

“Alhamdulillah, kereta cepat Jakarta-Bandung sudah sampai di Indonesia,” kata Dwiyana Slamet Riyadi, Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), konsorsium perusahaan Indonesia dan China yang mengawasi proyek landmark tersebut. .

KCIC mengatakan kereta berkecepatan tinggi itu akan menjadi yang tercepat di Asia Tenggara dan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia.

Jalur kereta api yang menghubungkan Jakarta ke Bandung akan memangkas waktu tempuh dari lebih dari tiga jam menjadi 40 menit.

Akan ada empat stasiun antara Jakarta dan Bandung, ibu kota provinsi tetangga Jawa Barat.

Menurut KCIC, pembangunan jalur KA sudah 80 persen selesai dan akan siap pada Juni tahun depan.

Sebanyak 12 gerbong akan digunakan untuk proyek tersebut, di mana 11 gerbong akan menjadi KA penumpang dan satu gerbong akan digunakan untuk pemeriksaan lintasan.

READ  Fans Indonesia Meninggal Setelah Invasi Lapangan, Arema vs Persebaya, Liga 1 Indonesia, Terbaru, Terkini