Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia menggunakan negara-negara maju sebagai model dalam membangun ekosistem AI

Indonesia menggunakan negara-negara maju sebagai model dalam membangun ekosistem AI

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Indonesia menjadikan negara maju sebagai model untuk membangun ekosistem kecerdasan buatan (AI) negaranya, kata Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nesar Patria.

Ia mengatakan bahwa hal ini diikuti di banyak sektor seperti komunikasi, kesehatan dan pertanian.

“Kami telah mengadopsi beberapa model dasar; kami telah berpartisipasi dalam pengembangannya, misalnya AI generatif untuk pemrosesan bahasa alami oleh beberapa start-up dan pemrosesan data menggunakan AI dalam pemasaran,” ujarnya dalam siaran pers yang dikeluarkan kementeriannya. Senin.

Pernyataan tersebut disampaikannya usai menghadiri lokakarya tentang kontribusi perencanaan dan pelibatan pemangku kepentingan utama, yang diselenggarakan sebagai bagian dari Forum Global UNESCO tentang Etika AI, di Pusat Kongres Brdo di Slovenia pada Minggu (4 Februari 2024) waktu setempat.

Menurut Patria, secara global terdapat dua pendekatan pengaturan penggunaan teknologi AI yang diadopsi oleh negara-negara maju, yaitu pendekatan horizontal dan pendekatan vertikal.

“Ada yang mencoba mengambil (pendekatan) horizontal terhadap prinsip pengembangan AI yang dianut negara-negara Uni Eropa. Ada yang (mengambil) pendekatan vertikal. Amerika Serikat dan China,” jelasnya.

Wamenhub meyakinkan pemerintah Indonesia akan selalu mendukung pengembangan AI di Indonesia.

Pengembangan AI harus ditingkatkan, terutama pada sektor-sektor esensial seperti ekonomi, pendidikan dan kesehatan, yang akan menjadi benchmark ke depan, ujarnya.

“Dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung penuh upaya pengembangan AI yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan start-up dan perusahaan teknologi nasional dan global yang beroperasi di Indonesia,” tambahnya.

Berita Terkait: Indonesia Menggaungkan Kepentingan Global Selatan di Forum AI Global
Berita terkait: Masyarakat Indonesia optimis dengan penggunaan AI: Wakil Menteri

READ  Ekosistem Logistik Bawah Indonesia menyediakan dan memungkinkan layanan yang efisien