Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kardinal Indonesia Mengatakan Gereja Tidak Akan Menerima Tawaran Mengoperasikan Tambang

Kardinal Indonesia Mengatakan Gereja Tidak Akan Menerima Tawaran Mengoperasikan Tambang

Kardinal Ignatius Suhario (Paroki Croix/St. Bernadette)

Kardinal Ignatius Suhario dari Indonesia mengatakan Gereja tidak akan mengambil keuntungan dari undang-undang baru yang mengizinkan organisasi keagamaan mendapatkan izin untuk mengoperasikan tambang. Sumber: Kuruk.

Presiden Joko Widodo – yang akrab disapa Jokowi – menandatangani dekrit tersebut pekan lalu sebagai bentuk apresiasi atas peran organisasi keagamaan dalam perjuangan kemerdekaan negara tersebut dari Belanda.

Pengawas lingkungan hidup terkemuka di Indonesia, Jaringan Advokasi Tambang (JATAM), berpendapat bahwa pemerintah berupaya menjaga dan mengendalikan sumber daya alam untuk kepentingan kelompok elit.

“Kami melihat ini sebagai transaksi antara Jokowi dan kelompok agama,” kata koordinator nasional JATAM Melki Nahar kepada AFP.

“Kami membaca ini untuk mengucapkan terima kasih kepada kelompok agama yang mendukung Jokowi selama dua periode,” ujarnya.

Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, yaitu sekitar 21 juta ton. Nikel adalah komponen kunci dalam baterai yang digunakan pada kendaraan listrik.

kata Kardinal Suhario Kuruk Konferensi Waligereja Indonesia tidak akan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan izin pengoperasian tambang.

“Ini sangat jelas karena pengoperasian tambang bukanlah bidang pekerjaan kami untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

“Dalam konteks tawaran pemerintah kepada lembaga keagamaan atau menjadi pemilik industri pertambangan, Konferensi Waligereja Indonesia menginginkan pendekatan vertikal dan stabil sebagai lembaga keagamaan, yang berdakwah dan mengabdi untuk kepentingan bersama yang bermartabat. Sistem Kehidupan.”

Indonesia memiliki sekitar 280 juta penduduk, 87 persen di antaranya beragama Islam. Umat ​​​​Kristen berjumlah lebih dari 10 persen dari populasi.

Kardinal Suhario mengatakan konferensi para uskup ingin “memantau secara kritis dan cerdas berbagai realitas pembangunan yang sedang berlangsung”.

“Gereja Katolik selalu mendorong pemerintah untuk berpegang pada prinsip pembangunan berkelanjutan, dimana pertumbuhan ekonomi tidak boleh mengorbankan nyawa masyarakat dan kelestarian lingkungan,” kata Kardinal Suhario.

READ  Pendaki tewas dalam letusan gunung berapi di Indonesia

Cerita lengkap

Kardinal mengatakan Gereja Katolik tidak akan menerima kontrak pertambangan di Indonesia (Nirmala Carvalho, Kuruk)