Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kandidat terdepan pemilu Indonesia, Subianto, untuk mendapatkan mayoritas: jajak pendapat

Kandidat terdepan pemilu Indonesia, Subianto, untuk mendapatkan mayoritas: jajak pendapat

Calon presiden Indonesia, Prabowo Subianto, berada di jalur untuk memenangkan pemilu minggu depan dalam satu putaran, menurut jajak pendapat yang dilakukan pada hari Jumat.

Hampir 205 juta orang berhak memilih pada tanggal 14 Februari, dan pemenangnya akan menggantikan Presiden Joko Widodo setelah menyelesaikan masa jabatan maksimal dua periode memerintah negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga survei independen Indikator Politik — Subianto, menteri pertahanan dan kandidat periode ketiga, memperoleh 51,8 persen suara, bersama dengan putra sulung Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan meraih 24,1 persen suara, sementara mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Branowo berada di posisi ketiga dengan 19,6 persen suara pada 14 Februari, menurut jajak pendapat tersebut.

Kurang dari lima persen dari 1.200 responden yang disurvei antara 28 Januari dan 4 Februari masih ragu-ragu.

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Pemenang pemilu harus memenangkan lebih dari 50 persen suara pada pemilu minggu depan untuk otomatis menjadi presiden, atau menghadapi putaran kedua pada bulan Juni dengan kandidat peringkat kedua.

Satu generasi yang lalu, Subianto dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia saat menjabat sebagai komandan militer di hari-hari terakhir kediktatoran Suharto di Indonesia.

Para analis mengatakan kekayaannya yang besar, semangat nasionalis dalam retorika populisnya, dan kredibilitasnya yang kuat sebagai pemimpin militer yang berpengaruh, semuanya berkontribusi pada kepemimpinannya.

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Dia juga mengembangkan citra “kakek keren” di media sosial dalam upayanya untuk menarik pemilih muda.

Pemilu ini telah terperosok dalam kontroversi setelah saudara ipar Widodo mengeluarkan keputusan tahun lalu yang menurunkan batas usia calon presiden dan mengizinkan putra presiden mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

READ  IPO Pukalabak senilai US $ 1,1 miliar - terbesar di Indonesia dalam satu dekade, semuanya ditutup pada hari rilis, kata sumber

Rakka, wali kota Surakarta berusia 36 tahun, menjadi pasangan calon wakil presiden Subianto untuk mendongkrak pemilunya.

Iklan – Gulir untuk melanjutkan

Setelah tampil mendukung putranya dan Subianto, Widodo banyak dikritik karena berupaya membangun dinasti politik.

Presiden berikutnya akan dilantik pada bulan Oktober mendatang.

agn-jfx/ser