Juli 21, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Jokowi menyoroti peran guru dalam mewujudkan visi Indonesia Emas

Jokowi menyoroti peran guru dalam mewujudkan visi Indonesia Emas

JAKARTA (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pentingnya peran guru dalam mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045 di perayaan seratus tahun negara tersebut.

Membuka Kongres Persatuan Guru Republik Indonesia (BGRI) ke-23, Presiden mencatat Indonesia setidaknya akan menjalani tiga jabatan kepemimpinan sebelum mencapai tahun 2045.

“Para guru yang saya hormati, saya tidak akan bosan-bosannya mengingatkan Anda semua bahwa Indonesia mempunyai peluang emas untuk maju dalam tiga periode kepemimpinan ke depan,” kata Presiden seperti dikutip online, Sabtu.

Ia mengatakan, masa depan Indonesia sebagai negara maju bukanlah spekulasi belaka karena organisasi internasional seperti Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), International Monetary Fund (IMF), dan World Bank memperkirakan Indonesia akan menjadi negara maju. Negara maju di masa depan.

Dengan peluang sebesar itu, kata Jokowi, Indonesia harus keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah.

Indonesia tidak boleh mengalami nasib yang sama seperti beberapa negara Amerika Latin yang belum maju melampaui negara-negara berkembang sejak tahun 1970an, atau bahkan terdegradasi ke negara-negara miskin.

“Kita harus memastikan hal ini tidak terjadi di Indonesia. Kita harus meningkatkan peluang kita untuk maju sebagai negara maju dalam hal yang disebut dengan dividen populasi,” kata Presiden.

Ia menegaskan, Indonesia harus meningkatkan bonus demografinya untuk menjamin generasi muda yang berkualitas dan produktif guna menjamin keberhasilan lompatan menuju negara maju.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan peran guru dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas berdasarkan keterampilan dan karakter individu penting di Indonesia.

Presiden mengapresiasi kerja sama pemerintah dan PGRI dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian guru serta melahirkan generasi muda maju yang berkarakter bangsa tangguh.

READ  Bisakah Papua menciptakan Indonesia baru? Senin, 30 Agustus 2021

Berita Terkait: Ekonomi Kreatif Dapat Mendukung Tujuan Indonesia Emas: Uno

Berita terkait: Mewujudkan Indonesia Emas membutuhkan talenta terampil: Menteri