April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Jajak pendapat dengan frekuensi tinggi menyoroti sikap dan tren pemilih

Jajak pendapat dengan frekuensi tinggi menyoroti sikap dan tren pemilih

Lingkungan politik Indonesia, yang selalu menjadi topik kajian dan perdebatan sengit, menemukan sudut pandang baru untuk dikaji. Inisiatif terobosan Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Indonesia terhadap Politik (HI-RES SIKAP), yang diluncurkan pada bulan November 2023, bertujuan untuk memberikan wawasan yang belum pernah ada sebelumnya mengenai sikap politik masyarakat dewasa Indonesia menjelang pemilu penting. .

Memperkenalkan SIKAP HI-RES

SIKAP HI-RES adalah inisiatif percontohan yang dilakukan oleh peneliti utama yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Singapura dan Universitas Nasional Singapura untuk melakukan survei online mingguan terhadap 1.650 orang dewasa Indonesia. Rencana ambisius tersebut mencakup periode 27 November 2023 hingga 5 Januari 2025, dengan pemilihan presiden pada Februari 2024, pelantikan Prabowo Subianto, dan pilkada serentak pada November 2024. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memberikan gambaran Indonesia yang dinamis dan real-time. Opini publik adalah sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh survei yang dilakukan satu kali dan konsisten di masa lalu.

metode dan kecerdasan

Proyek SIKAP menggunakan metodologi canggih yang mengumpulkan data dari sampel responden baru setiap minggu yang disediakan oleh Cint, vendor panel online. Pendekatan ini menangkap lanskap politik Indonesia yang terus berkembang dan memungkinkan pengumpulan data cross-sectional dan longitudinal. Temuan awal mengungkapkan wawasan yang signifikan mengenai polarisasi afektif di kalangan pendukung kandidat presiden dan pengaruh dramatis perbedaan generasi dan gender dalam dukungan politik, khususnya terhadap Prabowo Subianto di kalangan pemilih Gen-Z.

Akses dan Aplikasi

Menyadari nilai dari data berfrekuensi tinggi ini, para peneliti telah menyediakan data SIKAP kepada pihak-pihak yang berkepentingan, dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya penelitian berbasis data dan debat yang terinformasi di Indonesia dan sekitarnya. Para peneliti, jurnalis, dan masyarakat didorong untuk mengeksplorasi kumpulan data yang kaya ini, dengan peringatan bahwa mereka bertanggung jawab atas interpretasi dan kesimpulan yang diambil dari analisis mereka.

READ  Demokrasi elektoral di Indonesia menunjukkan tanda-tanda melemah

Inisiatif ini tidak hanya memberikan perspektif baru terhadap politik Indonesia, namun juga menjadi preseden bagi transparansi dan aksesibilitas dalam penelitian politik. Dengan memberikan gambaran mengenai perubahan pendapat dan sikap para pemilih di Indonesia, SIKAP HI-RES berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam mengenai demokrasi aktif, menantang asumsi-asumsi dan mengungkap dinamika kompleks di salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak dan secara politik sangat aktif di Asia Tenggara.