April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Jaishankar membagikan cuplikan dari kunjungannya ke Indonesia

Jaishankar membagikan cuplikan dari kunjungannya ke Indonesia

Pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri S. Jaishankar menginformasikan tentang kunjungannya ke india untuk ASEAN-India, KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN.

Jaishnankar tweeted, “Perjalanan yang sangat berguna ke Indonesia untuk pertemuan format ASEAN. Ini sekilas.”

Berbicara pada Konferensi Pasca Menteri ASEAN di Jakarta pada hari Kamis selama kunjungan dua harinya, Jaishankar menekankan pentingnya ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara) bagi gerakan Indo-Pasifik yang sedang berkembang.

EAM mengatakan, “ASEAN adalah pilar penting Kebijakan Timur India dan visinya untuk Indo-Pasifik yang lebih luas. ASEAN yang kuat dan terintegrasi memainkan peran penting dalam dinamika yang muncul di Indo-Pasifik. India sangat mendukung fokus ASEAN dan perspektif ASEAN di Indo-Pasifik.

“Sebagai mitra strategis yang komprehensif, kami berharap dapat bekerja sama dengan ASEAN untuk lebih memperluas kemitraan kami untuk mencakup bidang-bidang baru, sambil memperkuat kerja sama yang sudah ada, khususnya di bidang keamanan siber, keuangan, dan maritim,” kata Jaishankar.

Sementara ini berlangsung, Jaishankar, pada pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur ke-13, menekankan bahwa EAS harus didedikasikan untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, inklusif, dan berbasis aturan, dengan menghormati kedaulatan dan integritas teritorial.

“India sangat mendukung ASEAN Outlook yang diterapkan melalui Indo-Pasifik (AOIP) dan EAS. Ada sinergi hebat antara India dan Indo-Pacific Oceans Initiative (IPOI) yang diusulkan oleh AOIP,” cuit EAM.

“Quad akan selalu melengkapi ASEAN dan mekanisme yang dipimpin ASEAN. AOIP berkontribusi pada penglihatan quad. India menegaskan sentralitas ASEAN di kawasan Indo-Pasifik dan mendukung penguatan EAS,” tambahnya.

Dia berbicara dalam pertemuan tingkat menteri Forum Regional ASEAN (ARF) di Jakarta pada hari Jumat.

“Dia berbicara pada pertemuan Menteri ARF di Jakarta sore ini. Menggarisbawahi tanggapan India terhadap tantangan global dengan mendorong diplomasi untuk menyelesaikan konflik, mempromosikan kerja sama global untuk melawan terorisme, berkontribusi pada diversifikasi rantai pasokan untuk pemulihan ekonomi, dan mengadvokasi perluasan akses sumber daya untuk membantu Global South,” cuit Jaishankar. Pada hari Jumat.

READ  Meski mendapat perlindungan hukum, orang Tionghoa di Indonesia masih menghadapi diskriminasi D + C

Jaishankar berpartisipasi dalam tri-pertandingan India-Australia-Indonesia kedua selama turnya bersama rekannya dari Australia Benny Wong dan rekannya dari india Redno Marsudi.

“Bergabung dengan rekan-rekan saya @Menlu_RI & @SenatorWong di 2nd India-Australia-india Trilateral. Selalu pertemuan yang baik antara tiga negara maritim Indo-Pasifik. Begitu banyak untuk dibicarakan; Sangat setuju, ”tweet EAM pada hari Rabu.

Jaishankar bertemu dengan Sergey Lavrov dari Rusia, James Wit dari Inggris, Saloumxe Kommasit dari Laos, Cao Kim Horn dari Sekretariat ASEAN, Jambri Abdul Kadir dari Malaysia, Joko Widodo dari Indonesia dan Melanie Jolie dari Kanada di Federasi ASEAN. Acara di Jakarta.