Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

IPI Malaysia bulan September, angka PDB kuartal ketiga Indonesia dan Filipina menjadi fokus

IPI Malaysia bulan September, angka PDB kuartal ketiga Indonesia dan Filipina menjadi fokus

Pengamat pasar memiliki banyak perhatian pada minggu mendatang, dengan laporan pertumbuhan regional dan inflasi yang akan dirilis. Malaysia akan merilis angka Indeks Produksi Industri (IPI) bulan September pada hari Selasa.

Riset Ekonomi dan Pasar Global UOB memperkirakan IPI akan menunjukkan kontraksi tahunan sebesar 0,1% hingga 0,0% pada bulan September, menyusul penurunan 0,3% yoy di bulan Agustus.

Di seberang jalan lintas, Singapura akan merilis data inventaris resminya untuk bulan Oktober pada hari yang sama (7 November).

Di negara lain di Asia, data produk domestik bruto (PDB) dari Indonesia dan Filipina akan dirilis minggu ini. ING memperkirakan perekonomian Indonesia akan mengalami akselerasi pada kuartal ketiga dengan pertumbuhan PDB sebesar 5,2%. “Ketika inflasi negara turun ke kisaran target inflasi Bank Indonesia, peningkatan konsumsi akan menjadi sumber pertumbuhan,” katanya dalam pernyataannya Kamis lalu.

Ini akan menjadi minggu data yang sibuk bagi Filipina karena Filipina akan merilis angka inflasi bulan Oktober dan data perdagangan pada hari Selasa, diikuti dengan PDB kuartal ketiga pada hari Kamis. ING memperkirakan inflasi Filipina pada bulan Oktober akan melambat menjadi 5,4% yoy dari 6,1% sebelumnya, sementara pertumbuhan PDB kuartal ketiga akan melambat menjadi 4,2% yoy dari 4,3% pada kuartal kedua 2023. ING mengatakan Bangko Sentral ng Pilipinas dapat mempertimbangkan kedua poin data tersebut menjelang pertemuan kebijakannya pada 16 November.

Agenda pertemuan Biden-Xi kemungkinan besar mencakup perselisihan mengenai ambisi ekonomi dan teknologi mereka, perselisihan mengenai Taiwan, hak asasi manusia, serta masalah geopolitik yang lebih luas seperti perang Rusia-Ukraina dan ketegangan Israel-Hamas.

Tiongkok akan mengumumkan kinerja perdagangan bulan Oktober pada hari Selasa dan Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Oktober pada hari Kamis.

Dalam laporannya Jumat lalu, S&P Global Market Intelligence menyoroti bahwa rilis CPI Tiongkok akan ditunggu-tunggu. “Setelah PMI (Indeks Manajer Pembelian) Manufaktur Tiongkok Caixin menunjukkan penurunan baru dalam tingkat manufaktur secara keseluruhan pada bulan Oktober, ada ekspektasi bahwa data perdagangan bulan Oktober di Tiongkok daratan akan melemah, sementara PPI (Indeks Harga Produsen) mungkin naik sesuai dengan indikasi. Tekanan kenaikan harga dari indeks harga PMI manufaktur akan mengimbangi kekhawatiran terhadap deflasi.

Reserve Bank of Australia (RBA) adalah satu-satunya bank sentral besar yang mengambil keputusan kebijakan moneter minggu ini. Menurut survei Bloomberg (per 3 November), dari 24 analis yang disurvei, 21 analis memperkirakan RBA akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 4,35%, sementara tiga analis lainnya memperkirakan RBA akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah di 4,10%.

Di AS, hampir 1.800 perusahaan tercatat di AS akan melaporkan laporan keuangannya pada pekan tanggal 6 hingga 10 November. Jumlah perusahaan S&P 500 turun menjadi hanya 50, turun dari 157 pada minggu sebelumnya.

Meskipun tidak ada keputusan kebijakan moneter G7 minggu ini, fokusnya akan tertuju pada beberapa pidato kepala bank sentral G7 di berbagai acara.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde akan berbicara di Brussels, Belgia pada 10 November, sementara Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell akan berpidato di panel di Konferensi Penelitian Dana Moneter Internasional.

Di pengadilan, kasus 1Malaysia Development Bhd-Thanur dijadwalkan dilanjutkan pada 6 November. Namun, patut dicatat bahwa mantan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak yang dipenjara telah dirawat di rumah sakit setelah dinyatakan positif Covid-19 minggu lalu. Hakim pengadilan Datuk Colin Lawrence Sequeira diperkirakan akan menyampaikan putusannya mengenai amandemen dakwaan jaksa dan keberatan pembela terhadap diterimanya dokumen bank tersebut.

Pada hari Kamis, Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur akan memutuskan apakah akan membebaskan atau menghukum anggota parlemen Muar Syed Sadiq Syed Abdul Rahman atas tuduhan keterlibatan dalam pelanggaran pidana perwalian, properti dan pencucian uang dalam dana Partai Pribumi Persat sebesar RM1 juta.

Di bidang korporasi, Nova Wellness Group Bhd akan mengadakan Rapat Umum Tahunan (RUPS) pada hari Senin, diikuti oleh Eurospan Holdings Bhd dan Ecobuild Holdings Bhd pada hari Selasa. Katang Holdings Bhd akan mengadakan RUPS pada hari Rabu dan Quokoland Malaysia Bhd pada hari Jumat.

Musim hasil bulan November mendekati waktu tersibuknya. MI Technovation Bhd dan United Plantations Bhd akan merilis hasil kuartalan mereka pada hari Selasa. Heineken Malaysia Bhd, MR DIY Group (M) Bhd, Hartalega Holdings Bhd dan Fraser & Neave Holdings Bhd akan mengumumkan kinerja pendapatan mereka pada hari Rabu.

Berhemat dengan berlangganan kami untuk salinan cetak dan/atau digital Anda.

P/S: Edge juga tersedia dalam hal ini Toko Aplikasi Apple Dan Google Play Android.