Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia Tegaskan Kembali Komitmen Terhadap Program Pesawat Tempur KF-21: Siaran Pers

Indonesia Tegaskan Kembali Komitmen Terhadap Program Pesawat Tempur KF-21: Siaran Pers

Seoul, Februari. 5 (Yonhap) — Indonesia berkomitmen untuk proyek pengembangan jet tempur bersama dengan Korea Selatan di tengah penyelidikan atas dugaan upaya seorang insinyur Indonesia untuk mencuri teknologi jet, kata sebuah laporan berita.

Pada hari Jumat, pejabat keamanan Seoul mengungkapkan penyelidikan yang sedang berlangsung oleh pejabat intelijen dan keamanan atas tuduhan yang ditemukan bulan lalu di pabrik pesawat, Korea Aerospace Industries (KAI).

Teddy Luxmono, direktur teknologi dan keamanan di kementerian pertahanan Indonesia, menegaskan kembali komitmennya untuk melanjutkan kerja sama dengan Korea Selatan dalam proyek tersebut pada hari berikutnya, menurut harian Kompas.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Indonesia telah menyiapkan dana sebesar Rp1,25 triliun (US$79,6 juta) pada tahun ini untuk menutupi bagian yang belum dibayar dari biaya proyek bersama senilai lebih dari Rp8 triliun (US$6 miliar) yang diluncurkan pada tahun 2015.

Seoul setuju untuk membayar sekitar 60 persen biaya proyek, dan Jakarta dan KAI masing-masing menanggung 20 persen.

Namun komitmen Indonesia terhadap proyek tersebut menghadapi pertanyaan karena gagal melakukan pembayaran tepat waktu, dengan pembayaran yang terlambat diperkirakan mencapai hampir 1 triliun won pada bulan Oktober lalu.

Pada hari Senin, Choi Kyung-ho, juru bicara Badan Pengadaan Senjata Korea Selatan, mengatakan pada pengarahan rutin bahwa pembicaraan saat ini sedang berlangsung dengan Indonesia mengenai pembagian biaya untuk proyek tersebut.

Program KF-21, yang bertujuan untuk mengembangkan pesawat tempur supersonik untuk menggantikan jet F-4 dan F-5 Korea Selatan yang sudah tua, berencana untuk mengerahkan model pertama ke angkatan udara negara tersebut pada tahun 2026.

Dalam foto arsip tak bertanggal yang dikeluarkan oleh Administrasi Program Akuisisi Pertahanan pada 10 Januari 2024, sebuah prototipe jet tempur KF-21 menjalani uji lingkungan ekstrem di Pusat Uji Pengembangan Badan Pertahanan di Seosan, 98 kilometer barat daya Seoul. (Foto tidak untuk dijual) (Yonhap)

[email protected]
(AKHIR)

READ  Indonesia siap kirim pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, kata Prabowo – Diplomat