Juli 20, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia, Slovakia memiliki hubungan yang harmonis: Wakil Rektor

Indonesia, Slovakia memiliki hubungan yang harmonis: Wakil Rektor

BRATISLAVA, SLOVAKIA (ANTARA) – Indonesia memiliki hubungan yang harmonis dengan Slovakia, karena kedua negara memiliki hubungan yang mendalam dalam sejarah dan kegiatan perdagangan, kata Wakil Presiden Maruf Amin.

Selain kunjungannya ke Bratislava, Slovakia pada Sabtu (25/11), Indonesia juga menjalin hubungan dengan Cekoslowakia, yang kemudian menjadi Slovakia dan Republik Ceko pada tahun 1993, sejak pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Sukarno.

“Sejak zaman Cekoslowakia, pada masa Presiden Soekarno, negara ini menjalin hubungan dekat dengan Indonesia,” ujarnya.

VP Amin berencana melanjutkan aktivitasnya di Slovakia pada Minggu dengan mengikuti dialog nasional yang melibatkan WNI yang tinggal di Bratislava dan sekitarnya.

Usai dialog nasional, beliau akan bertemu dengan pelaku usaha industri halal dan pengurus Islamic Foundation of Slovakia.

Pada Senin (27 November) nanti, Wakil Presiden akan bergabung dengan Presiden Slovakia Zuzana Caputová dan Wakil Perdana Menteri/Menteri Perekonomian Slovakia Denisa Sakova untuk pertemuan bilateral.

Menurut Amin, aktifnya hubungan dagang antara Indonesia dan Slovakia menjadi bukti berkembangnya hubungan bilateral kedua negara dengan baik.

Indonesia mengekspor kopi, teh, dan suku cadang ke Slovakia, katanya, seraya menambahkan bahwa negara Eropa Tengah merupakan produsen utama kendaraan bermotor dan senjata.

“Jadi, kami menikmati hubungan dagang yang erat,” kata Amin.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, total nilai perdagangan Indonesia dan Slovakia meningkat sebesar 6,5 persen year-on-year. Pada tahun 2022, total nilai perdagangan mencapai 65,4 juta USD, dengan Indonesia menikmati surplus sebesar 12,9 juta USD.

Wakil Presiden Maruf Amin akan berangkat ke Malaysia setelah menyelesaikan agendanya di Slovakia.

Berita Terkait: Forum Bisnis Indonesia-Slovakia untuk Intensifikasi Ekspor dan Investasi
Berita terkait: 150 pengusaha asal Indonesia dan Slovakia bahas kerja sama

READ  Hutan dan kebakaran hutan menghancurkan 28.000 hektar lahan di Indonesia: Pemerintah.

Diterjemahkan oleh: Indira Areef, Tegar Noorbitra
Penulis : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023