Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia siap mengirimkan kapal rumah sakit untuk merawat pengungsi Gaza

Indonesia siap mengirimkan kapal rumah sakit untuk merawat pengungsi Gaza

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak berwenang Mesir. TNI (Tentara Pertahanan Indonesia) siap mengirimkan kapal rumah sakit yang bersiaga di sana untuk memberikan bantuan lebih lanjut.”

laporan TBS

04 November 2023, 12:55

Terakhir Dimodifikasi: 04 November 2023, 13:03

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada media bersama Presiden Joko Widodo saat penyerahan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk warga Palestina di Gaza di Pangkalan Udara Halim Pertanakusuma Jakarta, Sabtu (11/11/2023). Foto di antaranya

“>

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada media bersama Presiden Joko Widodo saat penyerahan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk warga Palestina di Gaza di Pangkalan Udara Halim Pertanakusuma Jakarta, Sabtu (11/11/2023). Foto di antaranya

Pemerintah Indonesia siap mengirimkan kapal rumah sakit ke perairan Palestina di sekitar Gaza untuk memberikan perawatan medis kepada korban serangan Israel, kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Subianto mengindikasikan bahwa pemerintah Indonesia ingin bekerja sama dengan negara-negara di sekitar Jalur Gaza Palestina, khususnya Mesir, untuk mendapatkan izin pengiriman kapal rumah sakit, kantor berita Indonesia Antara melaporkan.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak berwenang Mesir. TNI (Tentara Pertahanan Indonesia) siap mengirimkan kapal rumah sakit yang siaga untuk memberikan bantuan tambahan,” ujarnya saat ditemui di Lanud Halim Pertanakusuma Jakarta, Sabtu.

Menlu juga meyakinkan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun bahwa Indonesia selalu siap membantu para korban perang Palestina.

Sebelumnya, Menteri Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo ke Bandara Halim Pertanakusuma pada Sabtu untuk mengantarkan bantuan kemanusiaan Indonesia kepada warga Palestina di Gaza.

Presiden Widodo mengatakan kepada media pada saat itu bahwa pemerintah berencana mengirimkan pasokan kemanusiaan ke Palestina dalam dua gelombang.

“Ini adalah pertolongan pertama yang dikirim ke Gaza, terdiri dari makanan, perbekalan kesehatan, selimut, tenda dan logistik lainnya.” “Bantuan tersebut berbobot 51,5 ton dan diangkut dengan tiga pesawat,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan tersebut merupakan wujud solidaritas dan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap masyarakat Gaza yang saat ini sedang menderita bencana kemanusiaan akibat pasukan Israel.

“Tragedi kemanusiaan di Gaza tidak dapat diterima dan harus diakhiri secepatnya,” kata Widodo dalam sebuah pernyataan.

Dua pesawat Hercules C-130 TNI AU dan satu pesawat Boeing 737 milik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah diberangkatkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Tugas pengiriman telah ditugaskan kepada 42 anggota awak pesawat dan dua pejabat Kementerian Pertahanan.

Ketiga penerbangan tersebut akan lepas landas dari Jakarta dan melakukan perjalanan melalui beberapa negara sebelum tiba di El Ashir, Mesir. Bantuan tersebut akan disalurkan ke Gaza oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), setelah diserahkan ke Palang Merah Mesir.

READ  Lebih dari 4,7 juta orang Indonesia telah divaksinasi COVID-19