April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia merupakan pemegang saham terbesar ketiga Islamic Development Bank

Indonesia merupakan pemegang saham terbesar ketiga Islamic Development Bank

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Indonesia meningkatkan kepemilikannya di Islamic Development Bank (ISDB), menjadikannya pemegang saham terbesar ketiga setelah Arab Saudi dan Libya, menurut pernyataan yang dirilis pada Minggu.

Pada Sesi Tahunan ke-48 ISDB yang diadakan di Jeddah, Arab Saudi pada 10-13 Mei 2023, Dewan Gubernur Institut dengan suara bulat menyetujui proposal untuk meningkatkan saham pemerintah Indonesia.

“Saya yakin dengan menaikkan taruhan, kita dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan ISDB dan membawa kemakmuran bagi semua orang,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati pada Sesi Tahunan ISDB.

Ia menambahkan, langkah tersebut dapat memberikan berbagai manfaat strategis dan ekonomi bagi Indonesia, antara lain meningkatkan daya tawar Indonesia di dalam ISDP dan meningkatkan kapasitas pembiayaan ISDP ke Indonesia sebesar 3,5 hingga 4 kali lipat.

Dengan menjadi pemegang saham terbesar ketiga, Indonesia dapat memastikan kontribusinya kepada masyarakat internasional, sehingga turut menentukan arah pembangunan global melalui keanggotaannya dalam ISDB sebagai bank pembangunan multilateral.

Indonesia juga dapat berpartisipasi aktif dan langsung dalam kerja ISDP untuk meningkatkan kesejahteraan dan membantu pengentasan kemiskinan di negara-negara anggota ISDP yang banyak di antaranya adalah negara-negara Muslim berpenghasilan rendah.

Selain itu, Indonesia dapat lebih mendorong keterlibatan IsDB dalam berbagai proyek pembangunan di tanah air, termasuk ekonomi dan keuangan syariah.

Indravati menekankan bahwa Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan IsDB untuk memberikan manfaat positif jangka panjang bagi umat Islam dan masyarakat internasional.

“Penguatan kerja sama, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi global saat ini, merupakan tujuan yang dapat diwujudkan seiring dengan peningkatan peran dan andil Indonesia di ISDP,” imbuhnya.

Per Desember 2022, ISDB telah memberikan bantuan keuangan sebesar 6,3 miliar USD kepada Indonesia, sebagian besar di sektor pertanian, pendidikan, industri, dan pertambangan.

READ  RAAF untuk mengirim F-35 ke Indonesia

IsDB merupakan satu-satunya bank pembangunan multilateral yang menggunakan prinsip Syariah. Karena mayoritas anggotanya adalah negara berkembang, organisasi ini mempromosikan kerja sama Selatan-Selatan.

Berita terkait: Menteri minta kontribusi negara-negara Muslim dalam desentralisasi di RI
Berita terkait: Dukungan IsDB perkuat layanan kesehatan rujukan: Menteri

Diterjemahkan oleh: Agatha Victoria
Pengarang: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2023