Juli 21, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia merencanakan penerbangan langsung ke Timur Jauh Rusia

Indonesia merencanakan penerbangan langsung ke Timur Jauh Rusia

Indonesia berencana meluncurkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Vladivostok, dengan rute transit ke tujuan wisata utama Rusia lainnya.

Bersama dengan Khabarovsk, Vladivostok adalah salah satu dari dua kota terbesar di Timur Jauh Rusia, dan pelabuhan utama di Laut Jepang. Terletak 45 km dari perbatasan dengan Cina.

Menurut laporan terbaru, Indonesia kini berencana untuk meluncurkan penerbangan penumpang langsung dari Jakarta ke Vladivostok, dengan rute transit ke tujuan perjalanan utama lainnya di Federasi Rusia.

“Kami akan membuka lalu lintas udara langsung (ke Timur Jauh Rusia) dengan Jakarta,” Perlian Helmi, wakil kepala kedutaan besar Indonesia di Rusia, mengatakan kepada media Rusia dalam sebuah wawancara kemarin.

“Pertama kita akan membuka penerbangan antara Jakarta dan Vladivostok, kemudian kita akan menuju Moskow, Bashkortostan, Nizhny Novgorod dan Tomsk melalui Vladivostok,” tambah Dubes RI.

Indonesia memperkenalkan pesawat karena “Rusia sekarang melihat ke timur, jadi kita juga melihat ke arah Rusia,” kata Helmi.

Tn. Menurut Helmi, semua kesepakatan yang diperlukan dengan pihak Rusia telah tercapai, dan Indonesia siap memulai penerbangan ke Vladivostok, menegaskan bahwa bandara setempat siap menerimanya.

Jakarta dan Vladivostok terpisah sekitar 3.700 mil (6.000 km), sedangkan jarak antara ibu kota Indonesia dan Moskow lebih dari 5.600 mil (9.000 km).

Rusia juga memulihkan hubungan udaranya dengan Georgia, yang ditangguhkan pada musim panas 2019 sebagai tanggapan atas protes anti-Rusia di ibu kota Georgia, Tbilisi. Namun, beberapa hari yang lalu, diktator Rusia Putin menandatangani dekrit yang mengakhiri larangan terbang dan rezim visa dengan Georgia.

Pesawat Rusia pertama dalam empat tahun mendarat di ibukota Georgia Tbilisi kemarin dan kedatangannya disambut oleh pengunjuk rasa anti-Rusia di bandara.

READ  Wanita yang terpeleset dan terjatuh dalam perjalanan itu terjebak di rumah sakit Indonesia selama beberapa hari

Selain itu, menurut pejabat pemerintah Rusia, lalu lintas udara penumpang antara Rusia dan Kuba akan dilanjutkan pada 1 Juli 2023.

Aeroflot Rusia berencana meluncurkan dua penerbangan seminggu ke Varadero, Kuba.

Penerbangan antara Rusia dan Kuba ditangguhkan setelah Rusia meluncurkan invasi besar-besaran yang tidak beralasan dan brutal ke Ukraina pada Februari 2022.