Juni 20, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia menyelenggarakan percakapan pembuka dengan China, berita Asia, dan kisah-kisah hebat

Indonesia telah meminta bantuan teknis dari China untuk memulai produksi vaksin Kovit-19 sehingga dapat menjadi pusat manufaktur regional, karena kedua negara berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral selama pembukaan pembicaraan tingkat tinggi di China pada akhir pekan.

Menteri Luar Negeri Indonesia Reto Marsudi mengatakan pada konferensi online dari China kemarin bahwa dialog tersebut merupakan format baru untuk lebih mengintegrasikan berbagai jenis kerjasama di bawah kemitraan strategis komprehensif mereka.

Pertemuan pribadi 5 Juni di Guangxi, ibu kota provinsi Guizhou, dipimpin oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Indonesia Luhut Pantjeitan, yang merupakan tokoh kunci dalam kerja sama Presiden Joko Widodo dengan China.

Ms Redno mengatakan: “Saya menekankan pentingnya melanjutkan kerjasama kesehatan dan vaksinasi kami. Saya telah meminta Menteri Luar Negeri Wang Yi untuk mengirim komite (teknis) untuk membahas kerjasama secara rinci.

“Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi pusat manufaktur regional untuk vaksin.”

Sebuah laporan yang dirilis di situs Kementerian Luar Negeri China pada hari Minggu mengatakan Beijing akan mendorong lebih banyak produsen vaksin China untuk melakukan uji klinis di Indonesia, mendukung negara dalam membangun pusat pembuatan vaksin regional, dan bersama-sama mempromosikan pemerataan vaksin di seluruh dunia.

China sangat menentang “nasionalisme vaksin” dan “pemisahan vaksin,” kata Wang, mengutip laporan itu.

China telah mengumumkan dukungannya untuk pengabaian hak kekayaan intelektual untuk vaksin Covit-19, mempromosikan transfer teknologi oleh perusahaan vaksinnya ke negara berkembang lainnya dan produksi bersama akses vaksin dan perluasan ekstensi yang terjangkau, kata laporan itu.

Indonesia, negara terparah di Asia Tenggara, mulai memvaksinasi 34 provinsinya pada pertengahan Januari. Negara itu mengandalkan Sinova China untuk sepuluh juta suntikan vaksin pertama sebelum menerima lebih banyak vaksin dari AstraZeneca Inggris di kemudian hari.

READ  Indonesia, Vietnam memperbarui seruan untuk mengakhiri pembicaraan ZEE - Senin, 26 April 2021

Dalam pembicaraan pembukaan, dia mengatakan kedua belah pihak harus menetapkan tujuan jangka panjang untuk membangun komunitas Sino-Indonesia dengan masa depan bersama, dengan fokus pada keamanan politik, perdagangan dan investasi, pertukaran orang-ke-orang dan budaya, dan kerja sama maritim. . , Dan Kantor Berita Xinhua untuk Kerja Sama Anti Infeksi dan Kesehatan Masyarakat.

Wang dikutip mengatakan bahwa ini akan membuka fase baru dalam pengembangan semua jenis hubungan Tiongkok-Indonesia.

Xinhua mengatakan kedua negara telah menandatangani dua MoU tentang pembentukan mekanisme kerja sama dialog tingkat tinggi dan penguatan kerja sama maritim.

“Saya berharap kita dapat terus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di kedua negara saat ini dan di masa depan,” kata Luhud dalam sebuah pernyataan kemarin.

Jakarta dan Beijing telah bekerja sama dalam proyek yang saling menguntungkan seperti Proyek Industri Bersama Nikel di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Namun ada juga beberapa insiden perbatasan laut yang tegang di antara mereka, yang telah dikelola oleh kedua negara.

Indonesia telah berulang kali menegaskan kedaulatannya atas wilayah utara Kepulauan Nachuna, di mana dikatakan telah melihat perambahan oleh kapal-kapal China dan Vietnam selama bertahun-tahun.