April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia menolak tawaran militer untuk membebaskan sandera Selandia Baru di Papua

Indonesia menolak tawaran militer untuk membebaskan sandera Selandia Baru di Papua

Jakarta. Panglima TNI Jenderal Uto Marcono mengatakan pada hari Rabu bahwa dia menginginkan cara damai untuk membebaskan seorang pilot dari Selandia Baru yang telah disandera selama hampir dua bulan oleh kelompok separatis Gerakan Papua Merdeka, atau OBM.

Yuto mengatakan penggunaan aksi militer berisiko menimbulkan korban sipil dan dapat dipolitisasi oleh pemberontak.

Philip Mark Mehrtens, pilot maskapai penerbangan Indonesia Susi Air, diculik oleh pejuang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, sayap militer OPM, saat penyerangan di Bandara Paro di Kabupaten Nduga di Provinsi Timur Indonesia pada 7 Februari.

“Kami siap untuk misi penyelamatan, tetapi saya akan melanjutkan dengan kekuatan paksa dengan bantuan tokoh agama dan masyarakat serta pemerintah daerah,” kata Udo kepada wartawan di markas militer di Silangup, Jakarta Timur.

“Bupati Neduka kemarin meminta saya untuk melakukan pendekatan paksaan. Kami bisa melakukan operasi militer, kami memiliki tentara profesional yang bisa melakukannya, tetapi itu akan menimbulkan korban sipil,” tambahnya.

Sebuah operasi militer juga dapat memberikan keuntungan politik bagi para pembajak, karena jika terjadi sesuatu pada pilot, mereka dapat menyalahkan militer Indonesia.

“Jika saya memerintahkan operasi militer, mereka – seperti yang saya amati dari percakapan – menembak mati dia dan membiarkan militer yang disalahkan,” kata Yudo, tanpa merinci.

Dia mengatakan upaya damai untuk menyelamatkan para sandera bisa memakan waktu lama, namun menurut foto terbaru yang dirilis oleh pemberontak, pilot dalam kondisi baik.

“Tidak mudah untuk mencapai tempat itu dan tidak ada kendaraan darat yang bisa pergi ke sana. [The rebels] Butuh beberapa hari untuk mencapai lokasi,” kata Yuto.

Tag: Kata kunci:

READ  Pemprov DKI Dikabarkan Tolak Pembangunan Gereja di Banten - BeritaBenar