Juni 20, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia mengumumkan rencana untuk mata uang digital bank sentral

Bank Indonesia telah mengumumkan rencana untuk menerbitkan mata uang digital bank sentral (CPTC), bank sentral global terbaru untuk menandai langkah menuju mata uang digital yang didukung negara.

Gubernur bank, Perry Vargio, baru-baru ini mengumumkan Berencana untuk meluncurkan rupee digital, Solusi pembayaran digital sedang meningkat di negara ini.

Memperhatikan bahwa rupee adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, gubernur mengatakan bank akan mengontrol rupee digital yang diusulkan dengan cara yang sama baik dalam transaksi kartu maupun tunai.

Sementara menangani masalah seputar kesiapan infrastruktur keuangan yang ada, Bank kini berfokus pada mempelajari manfaat mata uang digital dan mengeksplorasi efek langsung dari metode pembayaran dan sistem mata uang yang lebih luas.

Bank Indonesia belum merilis pernyataan resmi yang mengkonfirmasi rencananya, tetapi mencatat bahwa persiapan sedang dilakukan untuk akhirnya merilis rupee digital: “BI saat ini fokus pada transformasi digital sebagai bagian dari cetak biru tarif Indonesia 2025.”

Transaksi perbankan digital di Indonesia telah meningkat lebih dari 60% year-on-year, dengan mata uang digital dikeluarkan di tengah meningkatnya minat terhadap mata uang digital.

Berita tersebut muncul dengan rencana pajak pertukaran mata uang digital yang diusulkan oleh Otoritas Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditas setelah diumumkan minggu lalu bahwa rencana untuk mendapatkan modal pajak dari mata uang digital sedang berlangsung dari regulator keuangan Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan pada saat upaya bank sentral untuk memperkenalkan mata uang digital dari bank sentral di seluruh dunia sedang meningkat, terutama karena proyek-proyek di China sudah dalam tahap yang maju.

Mata uang digital di Indonesia adalah ilegal sebagai bentuk pembayaran pada tahun 2017, menggarisbawahi pendekatan campuran pemerintah untuk mengatur sektor tersebut, meskipun perdagangan mata uang digital legal di negara tersebut.

READ  Prampanan - Kabupaten Prampanan, Indonesia

Lihat juga: Panel Live CoinGeek, Masa Depan Bank, Produk Keuangan, dan Blockchain

Baru mengenal Bitcoin? Lihat CoinGeek Bitcoin untuk pemula Bagian, panduan sumber daya utama untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bitcoin – awalnya dibayangkan oleh Satoshi Nakamoto dan Blockchain.