April 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia Investments Merilis Laporan Februari 2023: ‘Menormalkan Pertumbuhan Ekonomi’

Indonesia Investments Merilis Laporan Februari 2023: ‘Menormalkan Pertumbuhan Ekonomi’

Kami membahas beberapa topik dalam laporan Februari 2023 ini. Pertama, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data produk domestik bruto (PDB) Indonesia Q4-2022 dan setahun penuh 2022. Yang jelas dari data ini adalah bahwa – setelah penurunan aktivitas ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di tengah krisis COVID-19 dan pemulihan yang mengesankan pada tahun 2021 – pertumbuhan ekonomi sekarang menjadi normal karena titik terendah dan tertinggi telah tersaring.

Mengenai ekonomi Indonesia, ada dua hal yang menonjol: (1) meskipun pariwisata pulih dengan kuat, sektor pariwisata membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kembali normal, (2) dari sisi penjualan eceran, konsumsi rumah tangga masih belum kembali normal, dan (3) kinerja perdagangan – masih mengesankan Meskipun dalam ukuran – menunjukkan penurunan kecepatan.

Kedua, kami meningkatkan Rencana Kesehatan Nasional Indonesia (dalam bahasa Indonesia: Jaminan Kesehatan Nasional, atau JKN). Proyek ini menderita tekanan keuangan yang parah, sampai-sampai orang mengatakan bahwa proyek tersebut tidak berkelanjutan. Ini akan menjadi bencana, karena merawat orang yang memiliki kondisi medis tertentu (akses ke layanan medis yang profesional dan terjangkau) sangat penting bagi pembangunan sosial dan ekonomi Indonesia. Untungnya, kami telah melihat peningkatan besar dalam neraca proyek JKN dalam beberapa tahun terakhir.

Ketiga, kami membahas penawaran umum perdana (IPO) Pertamina Geothermal Energy baru-baru ini di pasar saham Indonesia. Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk membahas potensi pengembangan energi panas bumi di Indonesia di tengah transisi energi negara.

Kami juga akan memperluas peraturan presiden yang akan segera diberlakukan yang mewajibkan situs teknologi besar (seperti Google dan Facebook) untuk membayar royalti saat mereka menggunakan tautan ke artikel dari outlet media tradisional. Peraturan ini -seolah-olah-memberdayakan Dewan Pers (Dewan Pers) untuk memantau berita atau informasi di situs teknis. Meskipun sekarang tidak jelas bagaimana hal ini akan mempengaruhi arus informasi di masyarakat, kita tahu dari perkembangan Barat bahwa penyensoran meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir; Dan tidak selalu membungkam hoaks, tetapi membungkam kritik mendasar terhadap kebijakan pemerintah (atau menyembunyikan data, fakta, dan informasi lain yang merusak kepercayaan publik terhadap kebijakan yang diberlakukan pemerintah).

READ  Laporan Tahunan Negara Indonesia 2022 - Rencana Strategis Negara 2021 - 2025 - Indonesia

Topik lain yang dibahas dalam laporan ini meliputi kebijakan moneter, nilai tukar rupee, manufaktur, inflasi, dan perdagangan.

Berikut tampilan di dalam laporan!

Laporan Februari 2023 (e-report) dapat dipesan dengan mengirimkan email ke [email protected] atau dengan mengirim pesan ke +62.882.9875.1125 (termasuk WhatsApp).

Biaya laporan ini:

Rp 99.000
USD $10,-
EUR €10,-

Membahas