Mei 29, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia dan Malaysia meluncurkan tautan pembayaran QR lintas batas

Bank untuk mengakomodasi UKM dalam transaksi pembayaran kode QR lintas batas, CBDC

Bank harus mengakomodasi UKM dalam transaksi lintas batas

Konsumen di Indonesia dan Malaysia kini dapat melakukan pembayaran ritel instan melalui tautan pembayaran QR lintas negara yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM).

Setelah meninjau inisiatif yang pertama kali diumumkan pada Januari 2022, BI dan BNM secara resmi meluncurkan inisiatif tersebut awal pekan ini.

Tautan pembayaran QR lintas batas sejalan dengan inisiatif G20 untuk mempromosikan pembayaran lintas batas dan mempromosikan pembayaran lintas batas yang lebih cepat, lebih murah, transparan, dan inklusif. Hal ini sejalan dengan Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Ini termasuk Bank Indonesia beroperasi di bawah lima “visi sistem” seperti perbankan terbuka dan infrastruktur pasar keuangan.

Hubungan antara Malaysia dan Indonesia melengkapi jaringan hubungan tarif bilateral yang berkembang di dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Tautan pembayaran QR bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi yang lebih erat antara Indonesia dan Malaysia, serta memperluas pasar untuk bisnis dan memfasilitasi peningkatan penyelesaian dalam mata uang lokal. Karena perjalanan internasional terus meningkat, konektivitas pembayaran diharapkan dapat memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi para pelancong.

Gubernur Bank Negara Malaysia Ny. No Syamsiah Muhammad Yunus:

ÔÇťASEAN sekarang lebih terhubung dari sebelumnya. Banyak pengguna dari Malaysia dan Indonesia akan menikmati pengalaman yang lebih aman, lancar, dan efisien untuk melakukan dan menerima pembayaran lintas negara. Hal ini pada gilirannya memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, termasuk belanja pariwisata, di kedua negara kita. Konektivitas pembayaran akan membantu memperluas pasar untuk beberapa bisnis dan memfasilitasi peningkatan penyelesaian dalam mata uang lokal, sehingga meningkatkan hasil keuangan. Tautan pembayaran QR antara Malaysia dan Indonesia melengkapi jaringan tautan pembayaran bilateral yang berkembang di ASEAN yang akan berkontribusi pada ASEAN yang lebih dinamis.

READ  Pelatihan maritim Indonesia-AS memupuk persahabatan yang erat dan langgeng: TNI

Peluncuran tautan pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Malaysia akan mendorong negara-negara lain di kawasan untuk mengikutinya. Lebih banyak tautan pembayaran lintas batas diharapkan akan dibangun di tahun-tahun mendatang, yang selanjutnya berkontribusi pada pertumbuhan industri pembayaran dan ekonomi kawasan.