April 15, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia dan Kuba sepakat untuk memperkuat kerja sama pertanian

Jakarta (Andara) – Duta Besar RI untuk Kuba Nana Juliana pada Rabu bertemu dengan Wakil Menteri Pertanian Kuba Yadel Jesus Perez Brito untuk membahas cara meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertanian.

Indonesia dan Kuba menandatangani nota kesepahaman tahun 2015 di bidang pertanian.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pertemuan pertanian, Yuliana dan Brito sepakat untuk segera melaksanakan MoU dan merencanakan pertemuan virtual untuk berbagi pengalaman penggunaan teknologi digital, kata KBRI Havana dalam keterangan tertulis. Kamis.

Dubes RI juga memberikan program pelatihan pengembangan Kuba di bidang pertanian, antara lain pelatihan inseminasi buatan, budidaya padi, jagung, kedelai dan cabai, beternak sapi, serta perakitan dan pemeliharaan mesin pertanian.

Beasiswa diberikan kepada pelajar Kuba di bawah federasi negara berkembang untuk menempuh pendidikan S1, S2 dan S3 di berbagai universitas di Indonesia. Salah satu universitas tersebut adalah Poker Institute of Agriculture (IPP) yang terkenal dengan riset pertaniannya.

Yuliana mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi perkebunan tembakau dan tebu di Kuba karena perkebunan tersebut telah berhasil menjadikan Kuba sebagai salah satu produsen cerutu dan gula terkemuka dunia.

Brito menyambut baik opsi itu dan mengatakan dia merencanakan kunjungan duta besar.

Perdagangan antara Indonesia dan Kuba mencapai $ 6,9 juta pada tahun 2020. Indonesia mengekspor kertas, sabun, tembikar, dan peralatan rumah tangga ke Kuba, sedangkan impor gula, tembakau, dan rum. (INE)

Berita Terkait: Indonesia, Kuba perlu tingkatkan kerja sama dalam penanggulangan COVID-19: MPR

Berita Terkait: Kuba menyerukan investasi Indonesia di industri kertas

Diedit oleh INE

READ  Perjanjian investasi bilateral Indonesia-Singapura mulai berlaku