Juli 30, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia c.bank harus menjaga suku bunga untuk pertemuan ke-4 berturut-turut sangat rendah

File foto: Bank Indonesia Logo Bank Indonesia 22 September 2016 Sebuah jendela di lobi bank di Jakarta, Indonesia. REUTERS / Iqro Rinaldi / File Foto

Sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa bank sentral Indonesia akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendah pada hari Kamis.

Semua 26 ekonom dalam jajak pendapat dengan suara bulat mengharapkan Bank Indonesia (PI) untuk menahan suku bunga 3,50% (IDCPRR = ECI) untuk pertemuan keempat berturut-turut.

Banyak bank sentral di seluruh dunia telah mengidentifikasi langkah-langkah untuk mengurangi insentif tunai untuk epidemi mereka di tengah peluang penyadapan Federal Reserve AS. Baca selengkapnya

Gubernur Perry Vargio telah berjanji untuk mempertahankan tingkat PI rendah dan likuid sampai pembuat kebijakan melihat tekanan inflasi, yang dia prediksi akan terjadi awal tahun depan.

Varghese juga mengatakan bahwa bank sentral harus siap untuk memperketat kebijakan moneter AS tahun depan, memperingatkan bahwa tindakan seperti itu oleh bank sentral akan mempengaruhi pasar keuangan lokal.

Gareth Leather, seorang ekonom di Capital Economy, mengatakan inflasi tidak menjadi perhatian sekarang. Tingkat inflasi tahunan Indonesia naik ke level tertinggi 5 bulan di 1,68% di bulan Mei, namun tetap di bawah target BI sebesar 2% hingga 4%.

“Sebaliknya, perhatian utama PI adalah prospek yang tidak pasti untuk rupee,” katanya, menambahkan bahwa ekspektasi penghematan federal segera dapat menambah tekanan ke bawah pada mata uang yang bergejolak.

Rupee telah menguat dalam beberapa pekan terakhir sejak ditinggalkan pada pertengahan Mei karena pembicaraan tentang pengurangan AS.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara mengalami kontraksi sebesar 0,74% tahun-ke-tahun pada Januari-Maret setelah penurunan 2% pada tahun 2020 karena epidemi, tetapi pemerintah mengatakan ekonomi akan keluar dari resesi pada kuartal kedua.

READ  Indonesia buka lelang hulu dengan syarat lanjutan

PI telah memangkas suku bunga dengan total 150 basis poin, membayar uang tunai senilai $ 50 miliar ke dalam sistem keuangan sejak dimulainya epidemi virus corona pada tahun 2020.

“Pertumbuhan domestik dan dinamika inflasi terus menjamin akomodasi kebijakan,” kata Crystal Dawn, seorang ekonom di ANZ, yang mengatakan dalam catatan penelitian bahwa peningkatan kasus COVID-19 telah meningkatkan ketidakpastian.

Jumlah kasus baru meningkat setiap hari di Indonesia, dengan 9.868 infeksi pada hari Minggu, tertinggi sejak Februari. Rumah sakit di beberapa kota berada dalam masalah, yang dapat memaksa pihak berwenang untuk memperketat pembatasan pergerakan.

Standar kami: Prinsip Yayasan Thomson Reuters.