Juli 30, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia akan menerima ribuan orang buangan, SE Asia News & Best Stories

Jakarta • Indonesia bersiap menerima ribuan orang yang dideportasi dari Malaysia, kata seorang pejabat pemerintah, seraya menambahkan bahwa negara tersebut telah dilanda wabah virus corona terparah yang pernah ada, di tengah represi pekerja yang tidak terdaftar.

Ms Femi Eka Karthika Putri, Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia Indonesia, mengatakan Malaysia akan memulangkan sekitar 7.200 orang ke Indonesia, yang pertama-tama harus memulangkan orang-orang yang paling rentan, termasuk perempuan dan anak-anak yang ditahan di pusat-pusat penahanan.

Jutaan pekerja tidak berdokumen dari Indonesia, Myanmar dan Nepal dan Bangladesh bekerja di Malaysia, sebagian besar di sektor perkebunan, konstruksi dan manufaktur.

Tetapi Malaysia telah memperketat cengkeramannya pada epidemi, menangkap dan mendeportasi ribuan migran tidak berdokumen.

Kasus dan kematian virus corona mencapai rekor tertinggi bulan lalu di Malaysia, yang memiliki jumlah kasus individu tertinggi di Asia Tenggara.

Mr Wakyu Susilo, pendiri kelompok LSM pada perawatan imigrasi, mengatakan para pejabat berebut untuk mengakomodasi kunjungan yang direncanakan, karena tidak ada cara untuk memastikan perawatan yang memadai seperti bantuan sosial. “Belum ada upaya mitigasi khusus sejak dideportasi,” katanya.

REUTERS

READ  Bagaimana chatbot Indonesia menggunakan media sosial untuk mengelola bencana