April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia Aid memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp140,45 miliar

Indonesia Aid memberikan bantuan kemanusiaan sebesar Rp140,45 miliar

JAKARTA (ANTARA) – Badan Pembangunan Internasional Indonesia (Indonesian Aid) telah mengucurkan dana sebesar Rp 140,45 miliar pada Januari-Oktober tahun ini untuk 28 operasi bantuan kemanusiaan global, termasuk Palestina, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati, Jumat.

Pendanaan tersebut berasal dari dana abadi lembaga tersebut sebesar Rp8 triliun dana investasi APBN per Oktober 2023, ujarnya.

“Nominal target hibah Indonesia Aid pada tahun 2023 diperkirakan sebesar Rp307,25 miliar,” ujarnya dalam konferensi pers.

Menkeu menyampaikan hibah untuk negara-negara Amerika Latin dan Karibia sebesar 4,67 miliar, Asia 21,4 miliar, Afrika 54 miliar, Pasifik 34,42 miliar, dan Global Fund 23,45 miliar.

Ditambahkannya, bantuan tersebut meliputi bantuan fisik atau komitmen pengadaan sebesar Rp201,07 miliar dan bantuan peningkatan kapasitas sebesar Rp86,18 miliar.

Ia mengatakan, bantuan atau pengadaan fisik tersebut meliputi pengadaan vaksin, alat pemadam kebakaran, pengelolaan sampah, renovasi, balai pelatihan pertanian, rumah sakit, serta pengendalian HIV, TBC, dan malaria.

Sementara itu, lanjutnya, bantuan peningkatan kapasitas tersebut meliputi pelatihan teknologi informasi dan komunikasi, pelatihan pegawai pemerintah negara bagian, bantuan pendidikan, keluarga berencana, mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim, kepabeanan dan single window system.

Dari sisi bantuan fisik, Menkeu mengatakan Indonesia Aid memberikan 1,5 juta vaksin senilai Rp30,32 miliar ke Nigeria untuk memvaksinasi 750 ribu anak.

Disusul bantuan sebesar Rp 20 miliar ke Ethiopia, Kenya, dan Turki.

Bantuan berupa makanan darurat diberikan kepada Ethiopia dan Indonesia yang dilanda kekeringan, peralatan medis dan pelatihan untuk sektor agribisnis di Kenya, kata Indravati.

Bantuan fisik senilai Rp31,9 miliar berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan juga dikirimkan kepada masyarakat Palestina di Jalur Gaza.

“Kami mengirimkan bantuan ke Palestina pada Rabu (22 November 2023),” ujarnya.

READ  HSBC memulai pembicaraan investor informal untuk IPO bisnis Indonesia

Selain itu, bantuan peningkatan kapasitas sebesar Rp4,07 miliar memungkinkan Gambia merevitalisasi pusat pelatihan pertaniannya.

Berita terkait: Indonesia kirim obat-obatan, alat kesehatan ke Palestina
BERITA TERKAIT: Ketua DPR RI Serahkan Bantuan Kemanusiaan kepada Ketua Turki