Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

HSBC memulai pembicaraan investor informal untuk IPO bisnis Indonesia

HONG KONG, 30 September (Reuters) – HSBC Holdings Plc telah mulai memberi pengarahan kepada investor tentang kemungkinan penawaran umum perdana (IPO) bisnisnya di Indonesia, kata dua sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut.

Eksekutif HSBC Indonesia bertemu dengan sekelompok manajer dana di Singapura pekan lalu untuk membahas rincian IPO potensial menjelang roadshow resmi, kata sumber. Jadwal roadshow belum diketahui.

Besaran kesepakatan belum ditentukan dan akan tergantung pada kondisi pasar, kata sumber yang menolak disebutkan namanya karena informasi terkait rencana IPO belum dipublikasikan.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

HSBC menolak mengomentari kesepakatan itu.

Pada tahun 2009, HSBC mengakuisisi Bank Ekonomi Raharja, sebuah bank nasional Indonesia. Ini bergabung dengan HSBC Indonesia, cabang lokal bank Inggris saat ini, pada tahun 2017.

IPO terutama untuk memenuhi komitmen regulasi yang dibuat setelah pencatatan Ekonomi Rahrja setelah akuisisi dan integrasi dengan bisnis lokal HSBC.

IPO Indonesia, jika berhasil, akan didukung oleh HSBC yang berkantor pusat di London untuk terus mendorong ekspansinya di Asia, yang menyumbang sebagian besar pendapatan dan keuntungannya.

IPO tersebut dilakukan saat HSBC menghadapi tekanan dari Grup Asuransi Bing An China ( 601318.SS ), pemegang saham No.1, untuk menjajaki opsi termasuk mendaftarkan bisnisnya di Asia untuk meningkatkan pengembalian pemegang saham.

HSBC akan memutuskan dalam beberapa minggu ke depan apakah akan meluncurkan IPO pada akhir 2022, salah satu sumber mengatakan.

Penjualan ekuitas baru global turun 65,8% dalam sembilan bulan pertama tahun 2022, menurut data Refinitiv, karena risiko geopolitik dan inflasi yang tinggi serta kenaikan suku bunga memukul sentimen investor.

Di Asia Tenggara, hasil IPO adalah $6,5 miliar dalam sembilan bulan terakhir, dibandingkan dengan $10 miliar pada periode yang sama tahun lalu, data menunjukkan.

READ  Proyek kereta api pertama di pulau Sulawesi Indonesia membutuhkan tenaga

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Ken Wu dan Scott Murdoch melaporkan di Hong Kong; Diedit oleh Sumeet Chatterjee dan Jane Merriman

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.