Februari 21, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gereja di Indonesia tetap beribadah meskipun terancam pembubaran

Gereja di Indonesia tetap beribadah meskipun terancam pembubaran

Sebuah gereja di provinsi Jawa Barat di Indonesia menolak untuk menyerah pada upaya para penyusup Muslim untuk menghentikan kebaktian mereka pada hari Minggu (19 Maret), Morning Star News melaporkan.

Dua orang Muslim memasuki gedung Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKBS) di Purwakerta, 60 mil tenggara Jakarta, mengambil foto dan video, dan meminta jemaat untuk membubarkan diri, namun pendeta Jules Burba tetap melanjutkan kebaktian sampai akhir.

“Mereka mengatakan kepada kami bahwa kami tidak boleh lagi mengadakan kebaktian di sini, kami tidak diizinkan,” kata Barba kepada Morning Star News.

Bangunan gereja, struktur atap tradisional berukuran 13m x 8m tanpa dinding agar orang yang lewat dapat melihat, dibangun dua tahun lalu untuk jemaat yang sekarang beranggotakan 36 orang.

“Kami tidak menghadapi perselisihan atau konflik dalam dua tahun terakhir,” kata Purba.

Sekitar 60 orang, termasuk anggota GKPS dari lima kota lain, datang pada Minggu itu, katanya.

Bentrokan itu terjadi hanya beberapa hari sebelum bulan Ramadhan, yang dimulai pada 23 Maret dan berakhir di sini. Idul Fitri pada 22-23 April.

Resistansi terus menerus

Indonesia menempati urutan ke-33rd Dalam sistem pendukung Kristen Daftar Pantauan Dunia Open Doors 2023 50 Negara Paling Sulit Menjadi Orang Kristen Menurut laporan WWL Open Doors, masyarakat Indonesia telah mengadopsi sifat Islam yang lebih konservatif, dan gereja-gereja yang melakukan dakwah berisiko menjadi sasaran kelompok ekstremis Islam.

“Ketika sebuah gereja terlihat berkhotbah dan menyebarkan Injil, mereka segera menghadapi tentangan dari kelompok ekstremis Islam, terutama di daerah pedesaan,” catat laporan tersebut. “Di beberapa bagian Indonesia, gereja-gereja non-tradisional berjuang untuk mendapatkan izin bangunan gereja, dengan pihak berwenang sering mengabaikan dokumen mereka.”

READ  Informasi Gempa: Mac Kuat. 5.7 Gempa bumi - 165 km barat daya Padang, Sumatera Barat, Indonesia 5 Maret 2021 14:32 (GMT +7)

Catatan Editor – Ini cerita Ditulis dan awalnya diterbitkan oleh Berita Bintang Fajar.