Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gempa bumi dahsyat melanda Indonesia bagian timur. Belum ada informasi mengenai korban jiwa

Beberapa gempa bumi kuat dan dangkal telah mengguncang rangkaian pulau berpenduduk jarang di Indonesia bagian timur.

Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter melanda 341 kilometer (211 mil) barat daya kota pesisir Tual di provinsi Maluku pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil), kata Survei Geologi AS.

Gempa tersebut diikuti oleh gempa berkekuatan 7,0 dan dua gempa susulan berkekuatan 5,1 di daerah yang sama, kata USGS.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia mengatakan tidak ada ancaman tsunami, namun memperingatkan kemungkinan dampak setelahnya.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Abul Muhari mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penduduk desa melaporkan adanya guncangan hebat di kepulauan Tanimbar selama beberapa menit, namun tidak ada kepanikan.

Dia mengatakan pusat gempa berada di Laut Banda dekat Kepulauan Tanimbar, yang dihuni sekitar 127.000 orang.

Negara berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa ini sering dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami karena terletak di busur gunung berapi dan disebut “Cincin Api” di Cekungan Pasifik.

Pada tahun 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter di Samudera Hindia memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di banyak negara, sebagian besar di provinsi Aceh, Indonesia.

READ  Postingan tersebut salah menggambarkan pidato calon presiden Indonesia tentang batik dan inovasi