Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Gempa bumi berkekuatan 6,0 terjadi di dekat sebuah pulau di Indonesia

Gempa bumi berkekuatan 6,0 terjadi di dekat sebuah pulau di Indonesia

Jakarta: Gempa bumi berkekuatan 6,0 melanda dekat pulau Sulawesi di Indonesia pada hari Sabtu, kata Survei Geologi AS (USGS), tanpa kerusakan atau korban jiwa.

Jakarta, Indonesia, Agustus. Foto ini memperlihatkan kawasan perumahan yang dihiasi bendera Indonesia menjelang HUT Kemerdekaan ke-78 pada 15 Agustus 2023. Gempa bumi berkekuatan 6,0 melanda pulau Sulawesi di Indonesia pada hari Sabtu, 9 September. Survei Geologi negara bagian mengatakan tidak ada kerusakan atau korban jiwa yang dilaporkan. Foto Xinhua

Gempa terjadi pada pukul 21:43 waktu setempat (1443 GMT) pada kedalaman 9,9 kilometer, menurut USGS.

Badan Geofisika Indonesia (BMKG) menyatakan tidak akan terjadi tsunami, namun memperingatkan kemungkinan gempa susulan. Ini pertama kali tercatat pada 6,3 skala Richter.

“Saya tidur nyenyak [when the earthquake jolted]. Saya langsung lompat dari tempat tidur,” kata Kamaria, seorang ibu rumah tangga berusia 41 tahun di Desa Male, Sulawesi Tengah.

Dapatkan berita terkini


Dikirim ke kotak masuk Anda

Mendaftarlah untuk buletin Manila Times

Dengan mendaftar menggunakan alamat email, saya menyatakan bahwa saya telah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi.

Sangat kuat karena saya tinggal di dekat gempa. Itu berlangsung sekitar 5 detik,” katanya kepada Agence France-Presse (AFP).

Ia mengaku belum bisa melihat apakah ada kerusakan akibat pemadaman listrik di wilayahnya.

“Saya keluar [my house] Sekarang, bersama keluarga dan tetangga saya,” tambahnya.

Video yang diperoleh AFP menunjukkan masyarakat yang panik berkumpul berkelompok di luar rumah mereka di Desa Lamponga, Sulawesi Tengah, mencari keselamatan karena takut terjadi gempa susulan.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut, kata Badan Pencarian dan Pertolongan Balu dalam keterangannya.

READ  Komentar: Keinginan Presiden Indonesia Jokowi untuk tetap berkuasa tidak akan sirna

“Warga desa pesisir Balesang di Babian, Kabupaten Tongala telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, dan mayoritas meninggalkan rumah mereka,” katanya, mengacu pada sebuah wilayah di Sulawesi Tengah.

‘Cincin Api’

Indonesia, negara kepulauan yang luas, sering mengalami gempa bumi karena posisinya di “Cincin Api” Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan cekungan Pasifik.

Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter melanda pulau Sulawesi pada Januari 2021, menewaskan lebih dari 100 orang dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Pada tahun 2018, gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter dan tsunami melanda Balu, Sulawesi, menewaskan lebih dari 2.200 orang.

Juga pada tahun 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 melanda provinsi Aceh, yang memicu tsunami dan menewaskan lebih dari 170.000 orang di Indonesia.

Pada November tahun lalu, gempa berkekuatan 5,6 skala Richter melanda pulau Jawa di Asia Tenggara, menewaskan 602 orang.

Sebagian besar korban gempa tersebut meninggal karena runtuhnya bangunan atau tanah longsor yang dipicu oleh gempa tersebut.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter melanda pulau Sumatra pada bulan April, mengguncang rumah-rumah penduduk yang panik namun tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan.