Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Filipina, Malaysia, dan Vietnam akan mengimpor jagung dari Indonesia

Hanoi/Manila, 14 Januari (Vietnam News/ANN): Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Pabanas), telah memastikan rencana untuk mengekspor jagung ke Vietnam, Filipina, dan Malaysia pada tahun 2023.

Menurut Arief, Indonesia menargetkan bisa mengekspor 200.000 ton jagung ke pasar Asia Tenggara pada kuartal pertama tahun ini.

Babanas bertemu dan membahas rencana ekspor dengan perwakilan instansi terkait importir sasaran, Arif mengatakan banyak kendala dalam pelaksanaan rencana tersebut, misalnya teknologi untuk mengangkut jagung dari satu kapal ke kapal lainnya.

Pemerintah telah menyiapkan dana investasi sebesar 2 triliun rupee (US$130 juta) untuk mengembangkan teknologi tersebut, namun belum selesai.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo telah memintanya untuk meningkatkan produksi jagung dengan membuka lahan baru dan menanam benih berkualitas.

Menurut Erlanga, arahan Presiden tersebut dibuat mengingat potensi tanaman jagung. Tahun lalu, produksi jagung Indonesia mencapai 34,4 juta ton.

Pemerintah juga berencana mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi operasi rantai pasok jagung dengan menerapkan lebih lanjut inovasi dan teknologi pertanian, mulai dari pemanenan, pemrosesan pascapanen, penyimpanan, transportasi, dan distribusi. – Berita Vietnam/ANN

READ  Kekuatan solusi pasif di Bangladesh dan Indonesia