Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Festival Indonesia 2024 menampilkan kekayaan budaya di Seoul

Festival Indonesia 2024 menampilkan kekayaan budaya di Seoul

Penari tradisional Indonesia tampil pada Festival Indonesia pada 23 Juni di Seoul. Atas perkenan KBRI Seoul

Oleh Kim Hyun Bin

Festival Indonesia, yang diadakan di Cheonggye Plaza di Seoul, menawarkan pertunjukan budaya Indonesia yang dinamis untuk meningkatkan persahabatan antara Indonesia dan Korea, pada tanggal 23 Juni. Diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, acara ini menampilkan tarian tradisional, musik dan konser. Kegembiraan kuliner menarik ribuan peserta meski cuaca panas.

Kuasa Usaha KBRI Zelda Wulan Kartika meresmikan upacara tersebut, menekankan peran acara tersebut dalam memperdalam hubungan bilateral dan meningkatkan pemahaman budaya.

“Melalui Indonesia Festival, kami berharap dapat mempererat persahabatan masyarakat Indonesia dan Korea serta mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang Indonesia,” kata Karthika. Ia juga berharap festival ini dapat membantu warga Indonesia di Korea untuk merasa lebih dekat dengan kampung halamannya.

Upacara pembukaan dihadiri oleh banyak pejabat, termasuk duta besar Malaysia, Myanmar, Filipina, Vietnam, Singapura dan Thailand, Menteri Bank Indonesia dan tokoh-tokoh penting dari lembaga-lembaga Indonesia lainnya.

Festival ini menampilkan serangkaian pertunjukan yang menyoroti keragaman budaya Indonesia. Grup Pertunjukan Tradisional KBRI menampilkan tarian dari berbagai daerah seperti tari Jongan dari Kalimantan Barat dan tari anjing Lengang dari Jakarta. Lagu-lagu daerah dari berbagai suku menambah mosaik budaya.

Pekerja Indonesia di Korea berkontribusi dalam kemeriahan tersebut dengan penampilan Ryok Bonoroko, tarian tradisional Bonoroko di Jawa Timur, yang memikat penonton. Mahasiswa Ewha Women's University dan grup Camlan Lauras Caris menampilkan musik tradisional Galan yang memadukan tradisi musik Indonesia dan Korea.

Selain pertunjukan, festival ini menawarkan perjalanan kuliner melalui masakan Indonesia. Gerai-gerai di sekitar alun-alun akan menyajikan hidangan populer seperti “Nasi Goreng” (hidangan nasi goreng) dan nasi domba, serta kopi Indonesia yang baru diseduh dan makanan ringan, memberikan pengunjung cita rasa warisan kuliner Indonesia.

READ  Menteri Energi Saudi Tingkatkan Kerja Sama dengan Mitra Indonesia-Portugis