Mei 29, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

EAM S Jaishankar bertemu rekan-rekan dari Indonesia, Singapura, Swedia dan Jepang

Menteri Luar Negeri Jaishankar bertemu dengan mitranya dari Swedia Tobias Bilstrom dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi di Swedia pada hari Sabtu. Dia bertemu rekannya dari Indonesia Redno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Dewan Menteri UE-Indo-Pasifik.

Dia tweeted, “Senang bertemu Host FM @TobiasBillstrom dari Swedia. Tentu saja, quad partner Yoshimasa Hayashi, menteri luar negeri Jepang. Dalam tweet lain, dia berkata, “Senang bisa berhubungan dengan mitra Indonesia saya dan mitra troika G20 Redno Marsudi.” Berbagi rincian pertemuannya dengan menteri luar negeri Singapura, Jaishankar menulis dalam sebuah tweet, “Senang melihat Menlu Singapura @VivianBala di Dewan Menteri UE-Indo-Pasifik.”

Dia tweeted, “Menteri luar negeri yang mewakili G20, Uni Eropa, ASEAN, AU dan G7 bertemu di Stockholm hari ini.

Dia juga berfoto bersama dengan Raja Swedia bersama rekan-rekannya dari Uni Eropa dan Indo-Pasifik. Dalam tweet lain, Jaishankar berkata, “Bersama rekan UE dan Indo-Pasifik, bergabunglah dengan Raja Swedia dalam foto grup.”

Sebelumnya pada hari Sabtu, Jaishankar tiba di Swedia dalam kunjungan tiga hari untuk berpartisipasi dalam Dewan Menteri Indo-Pasifik UE.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri (MEA) mengatakan, “Ini adalah kunjungan pertamanya sebagai EAM pada saat India dan Swedia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Swedia saat ini memegang Kepresidenan Dewan Uni Eropa. Di Swedia, EAM akan berpartisipasi dalam Forum Menteri Indo-Pasifik UE (EIPMF) kedua.

Ia menambahkan, “Dia akan mengadakan pertemuan bilateral dengan menteri luar negeri dari berbagai negara di sela-sela EIPMF. Selama masa tinggalnya, dia akan memanggil kepemimpinan di Swedia dan bertemu dengan para menteri utama. Dia juga akan berpartisipasi dalam sesi pengukuhan Forum Tripartit India (India, Eropa dan Amerika) bersama rekannya dari Swedia.

READ  Lifting minyak Indonesia 2022 meleset dari target, proyek yang terhenti berharap untuk dilanjutkan

Dari 15-16 Mei, Jaishankar akan mengunjungi Brussel untuk pertemuan bilateral dengan pejabat Belgia dan UE. Dia akan menghadiri pertemuan tingkat menteri pertama Dewan Perdagangan dan Teknologi Indo-UE bersama dengan Menteri Perdagangan dan Industri Piyush Goyal dan Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnav, kata MEA. Pertemuan Menteri TTC dijadwalkan akan diadakan pada 16 Mei.