Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

DPR mengukuhkan Jenderal Agus Subianto sebagai Panglima TNI yang baru

DPR mengukuhkan Jenderal Agus Subianto sebagai Panglima TNI yang baru

Jakarta. Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Selasa secara resmi menyetujui Jenderal Agus Subianto untuk mengambil alih komando Tentara Nasional Indonesia (TNI), menggantikan Laksamana Udo Marcono, yang akan pensiun pada 26 November.

Agus yang baru saja dipromosikan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat mendapat persetujuan bulat dalam rapat paripurna.

Ketua DPR Puan Maharani bertanya, “Apakah kita setuju dengan pensiunnya Laksamana Udo Marcono secara terhormat sebagai Panglima TNI dan diangkatnya Jenderal Agus Subianto sebagai penggantinya?” Dia meminta sumpah di majelis. Persetujuan tegas dari pembentuk undang-undang mengukuhkan keputusan tersebut.

Sidang paripurna tersebut dihadiri lebih dari separuh anggota majelis rendah DPR RI yang berjumlah 575 orang.

Menindaklanjuti konfirmasi tersebut, Agus mengumumkan pelantikan resminya sebagai Panglima TNI baru Presiden Joko Widodo dijadwalkan pada Rabu.

Agus, penduduk asli Simahi, Jawa Barat, lulus dari akademi militer pada tahun 1991 dan pernah menduduki jabatan penting, terutama sebagai komandan pengawal keamanan presiden.

Pada usia 56 tahun, Agus telah menyatakan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi bahwa aset pribadinya senilai Rp 19,3 miliar ($1,2 juta), yang sebagian besar terdiri dari tanah dan bangunan.

Sesuai Undang-Undang Angkatan Darat tahun 2004, batas usia maksimal Panglima Angkatan Darat adalah 58 tahun.

Menyusul kepergian Presiden Soeharto yang sudah lama menjabat, Indonesia mulai melakukan praktik rotasi kepemimpinan militer di antara ketiga kekuatan tersebut, meskipun tidak ada garis suksesi yang jelas di antara ketiga kekuatan tersebut.

Laksamana Widodo Adi Sudjipto yang menjabat pada Oktober 1999 hingga Juni 2002 menjadi Panglima TNI nonmiliter pertama sejak masa Soeharto.

Namun belakangan ini, sebagian besar Panglima TNI berasal dari kalangan militer. Agus akan menjadi jenderal Angkatan Darat keenam yang memimpin TNI dari 11 jenderal terakhir sejak era pasca Soeharto.

READ  Gempa berkekuatan 4,6 mengguncang wilayah Palu di Sulawesi Tengah, Indonesia

Tag: Kata Kunci: