Juli 21, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

DP World Pelawan akan beroperasi di terminal peti kemas yang baru

DP World Pelawan akan beroperasi di terminal peti kemas yang baru

Kemitraan strategis antara Indonesia Investment Authority (INA), operator pelabuhan milik pemerintah Indonesia Belinto dan DP World akan menciptakan koneksi langsung Indonesia ke salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia, Selat Malaka.

Chairman dan CEO DP World Group Sultan Ahmed Bin Sulayem, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono dan CEO Otoritas Investasi Indonesia Ridha Wirakusumah menandatangani perjanjian tersebut.

Kesepakatan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas BNCT dari 600.000 teu saat ini menjadi 1,4 juta teu. BNCT bertujuan untuk menarik lebih banyak panggilan langsung, dan mengurangi ketergantungan pada pelabuhan hub regional Sumatera Utara untuk mengakses pasar regional dan global.

Wilayah Selat Malaka dilayani oleh tiga hub transshipment utama: Singapura, Pelabuhan Tanjung Pelepas dan Port Klang, yang mengirimkan kargo ke pelabuhan yang lebih kecil di Asia Tenggara seperti Pelawan di Indonesia.

BNCT saat ini berfungsi sebagai hub lokal untuk provinsi tetangga di Sumatera dan proyek perluasan dan modernisasi bertujuan untuk memperkuat posisinya sebagai gerbang perdagangan dan logistik utama di Selat Malaka.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Tohir mengatakan, “Di bawah arahan Presiden Joko Widodo, selalu ada nilai strategis dalam pemerataan dan percepatan pembangunan ekonomi regional dan nasional melalui pengembangan pelabuhan, termasuk terminal peti kemas baru pelabuhan. jalan, mempercepat perekonomian Sumut, dan terus tumbuh Dipercaya dapat mendukung hilirisasi Pelawan, yang sejalan dengan tujuan pembangunan pelabuhan terminal, yang akan memperkuat lingkungan industri pelabuhan nasional dan daya saing pelabuhan Indonesia sebagai jalur perdagangan strategis di Asia Tenggara dan internasional.

READ  Gempa bumi / letusan gunung berkekuatan 4,3 di dekat Denpasar, Bali, Indonesia

“Kami bangga membantu Indonesia memperluas terminal peti kemas baru di Pelawan dan meningkatkan perekonomian Sumatera melalui infrastruktur. Dengan berinvestasi dalam teknologi mutakhir yang berkelanjutan, pelatihan kelas dunia, serta kesehatan dan keselamatan berkualitas tinggi, kami bertujuan untuk menghilangkan inefisiensi dan memungkinkan perdagangan mengalir antara Indonesia dan dunia.” kata Sultan Ahmad Bin Sulayem, Group Chairman dan CEO DB World.