Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Di Warang Indo, masakan Indonesia menjadi bintang pertunjukannya

Di Warang Indo, masakan Indonesia menjadi bintang pertunjukannya

Setelah Ida Edwards datang ke Amerika bersama suaminya, Robin Edwards, pada awal tahun 1990-an, dia mengetahui bahwa memasak adalah hal yang penting dalam hidupnya di Amerika. Penduduk asli Semarang ini membawa kenangan dari kampung halaman aslinya di Jawa Tengah ke Negeri Gula, di mana populasi yang sangat beragam memiliki akses terhadap masakan dari negara-negara seperti Pakistan, Ethiopia, dan India. Setelah pasangan ini membuka Warang Indo pada tahun 2022, restoran tersebut menjadi pusat perhatian keluarga Indonesia yang mencari hidangan tradisional dan familiar dari negara Asia Tenggara.

Ida dan Robin Edwards membuka Warung Indo pada tahun 2022.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

Berbeda dengan banyak masakan Asia, Makanan Indonesia di seluruh AS kurang, dan untuk bertahan dalam industri yang kompetitif, banyak pemilik restoran di Indonesia terpaksa menghibridisasi restoran mereka dengan masakan Thailand, Jepang, dan Cina—semuanya familiar dengan masakan Amerika dan Barat. Pada abad ke-15 dan ke-17 merupakan pusat Indonesia Perdagangan rempah-rempah. Pedagang Cina, India, dan Arab membawa rempah-rempah Indonesia kembali ke negaranya masing-masing sehingga memungkinkan pengaruh budaya Indonesia menyebar ke seluruh dunia. Tempat makan di negara ini telah berkembang seiring dengan imigrasi, memasuki lanskap restoran di negara-negara seperti Australia, Inggris, dan Amsterdam. Pada abad ke-20, pekerjaan di bidang minyak dan gas membawa sejumlah kecil orang Indonesia ke Amerika, menurut Aida, dan Banyak yang menetap di kota Seperti Los Angeles, New York dan Atlanta.

Sejumlah kecil imigran (Ada 2.000 WNI di wilayah Houston), karena kurangnya pengetahuan, banyak orang Amerika yang sudah lama tidak menyadari panas, kerenyahan, dan rempah-rempah yang ditemukan dalam berbagai masakan di negara tersebut. Namun semakin banyak restoran seperti Aida yang bersikeras untuk membuat masakan Indonesia menonjol, dengan menonjolkan berbagai rasa dan teknik yang ditemukan di 17.000 pulau di kepulauan ini. Di Warang Indo, masakan rumahan Ida di Jawa Tengah terlihat jelas di sebuah gedung mal, tempat ia menyiapkan sup dan semur dari Sumatera, serta makanan laut yang dapat ditemukan di Korandalo. Bagi para chef, menampilkan bahan-bahan seperti lengkuas, jeruk nipis, dan bawang goreng kepada penduduk lokal Indonesia dan non-Indonesia merupakan kesempatan unik untuk menyoroti masakan berusia berabad-abad yang dipengaruhi oleh kelompok dari Tiongkok, India, dan Timur Tengah. Pengunjung yang melihat perubahan elemen kuliner Indonesia.

Nasi campur

Nasi, atau nasi, adalah bagian penting dari masakan Indonesia. Kampur artinya campur, masakan yang terdiri dari kombinasi berbagai bahan khas Indonesia yang dipusatkan pada nasi. Di Warung Indo, nasi campur terdiri dari nasi putih, rendang daging sapi dalam porsi besar (sup daging sapi dari Sumatera), campuran tempe dan sayuran cincang yang gurih, serta telur rebus dengan cabai, bawang merah, bawang putih, dan saus abu-abu. Aneka bumbu. Koki menyajikan hidangan dengan kuah jeruk tajam yang ditaburi wortel dan kacang hijau cincang.

Gambar Nasi Kamper dengan Telur Marinasi.

Di Warang Indo, nasi campur nasi putih dilengkapi dengan rendang daging sapi dalam porsi besar.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

Nasi Goreng dengan Ikan Teri (Nasi Goreng Indonesia dengan Ikan Teri)

Nasi Goreng, sajian telur goreng dan nasi yang menjadi salah satu masakan nasional Indonesia, bisa dibuat dengan berbagai macam protein seperti ayam dan udang. Atas permintaan pelanggan, dan terinspirasi dari daerah pesisir pantai Indonesia, sang chef menggunakan ikan teri sebagai protein utamanya. Rasa asin ikan terinya meleleh menjadi telur goreng sempurna yang ditaruh di atas nasi, menciptakan rasa tajam dan sedikit asam pada nasi goreng aromatiknya.

Gambar nasi goreng dengan jangkar.

Atas permintaan pelanggan dan terinspirasi dari daerah pesisir pantai Indonesia, chef tersebut menggunakan ikan teri sebagai protein utamanya.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

Soto Ayam (Sup Ayam Indonesia)

Deskripsi Soto Ayam, sup ayam Indonesia, berbeda-beda di setiap kota dan pulau. Aida menggambarkan Sotonya mirip dengan versi nasional. Artinya, dibumbui dan diwarnai dengan kunyit emas serta dibumbui dengan rempah-rempah dan aromatik seperti ketumbar, lengkuas, serai, dan jeruk nipis.

Direbus selama tiga jam, soto ini dilengkapi dengan tauge, tomat, irisan tipis kubis, telur, dan bihun.

Gambar Soto Ayam dengan tambahan irisan telur dan sambal merah.

Interpretasi terhadap sup ayam Indonesia, soto ayam, berbeda-beda di seluruh negara kepulauan.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

Itu adalah sental

Musim panas cocok untuk minuman berwarna-warni, dan S chendal adalah pilihan yang cocok. Terbuat dari tepung beras dan tapioka, chendal adalah potongan seperti jeli yang menjadi inti dari minuman yang nikmat. Aida menjenuhkan potongan hijau dengan sirup gula abam Bandon, yang memberikan rasa vanila ringan. Pewarna makanan hijau menambah warna, namun Edwards mengatakan pandan adalah kunci rasa manis dan cerahnya minuman tersebut.

Gambar beberapa hidangan dan secangkir s chendal di Warung Indo.

Musim panas cocok untuk minuman berwarna-warni, dan S chendal adalah pilihan yang cocok.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

Nasi Bakar Ayam (Ayam Panggang dengan Nasi)

Koki menggoreng nasi dan mengasinkan ayam dengan cabai, jalapeños, paprika merah dan hijau, bawang bombay, bawang putih, lengkuas, jahe, dan serai. Letakkan ayam yang sudah dibumbui di atas nasi dan bungkus bahan-bahan tersebut dengan daun pisang sebelum dimasukkan ke dalam microwave selama beberapa menit, biarkan rasa daun pisang perlahan meresap ke dalam nasi. Hidangan ini dipanggang dan disajikan dalam daun pisang – pemandangannya menyenangkan dan penyajiannya sungguh nikmat.

Diduga Nasi Bukar di Daun Pisang

Mengungkap kecurigaan Edwards yang mengerutkan hidung terasa seperti urusan liburan, sama lezatnya.
Kayla Stewart/Pemakan Houston

READ  Singapura kirim pasokan dan peralatan medis ke Indonesia karena catatan harian kasus COVID-19