Maret 2, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Dapatkah inovasi rantai nilai meningkatkan lanskap keuangan digital Indonesia?

Dapatkah inovasi rantai nilai meningkatkan lanskap keuangan digital Indonesia?

Sektor jasa keuangan (FSI) Indonesia bersiap untuk pertumbuhan dan inovasi yang signifikan karena beradaptasi dengan lingkungan bisnis global yang berkembang pesat.

Pertumbuhan kuat sektor keuangan Indonesia dicontohkan oleh peningkatan 27,96 persen tahun-ke-tahun dalam nilai transaksi perbankan digital negara. dicapai Rp4.900,6 triliun per Januari 2023.

Pesatnya pertumbuhan ini didorong oleh kenyamanan sistem pembayaran digital, ekonomi digital yang terus berkembang, dan kemunculan perbankan digital yang pesat.

Untuk mewujudkan sepenuhnya potensi sektor jasa keuangan Indonesia, penting untuk merangkul inovasi rantai nilai di seluruh sektor.

Inovasi rantai nilai, yang melibatkan peningkatan dan perancangan ulang proses di seluruh rantai nilai, akan mengubah lanskap keuangan digital Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan, blockchain, dan analitik data besar, lembaga keuangan dapat meningkatkan penawaran mereka, merampingkan operasi mereka, dan memfasilitasi transaksi yang lebih efisien, transparan, dan aman.

Merangkul perubahan ini berpotensi menarik investasi asing, mendorong kerja sama dengan penyedia layanan keuangan global, dan pada akhirnya memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Keuangan Digital di Indonesia: Sebuah Platform untuk Inovasi Rantai Nilai

Sektor keuangan digital di Indonesia telah muncul sebagai platform untuk inovasi rantai nilai, dengan pertumbuhan ekonomi digital negara yang diharapkan. untuk mencapai suatu nilai 146 miliar USD pada tahun 2025.

Banyak bisnis Indonesia berinvestasi dalam teknologi digital untuk meningkatkan rantai nilai mereka dan meningkatkan efisiensi, dengan 87 persen perusahaan memulai bisnis mereka. Perjalanan transformasi digital.

Adopsi luas smartphone dan konektivitas internet 212,9 juta pengguna Keuangan digital telah menciptakan peluang besar untuk solusi, menjadikannya fitur penting bagi perusahaan di FSI.

dari Asia Tenggara Ekonomi besar Dengan adopsi keuangan digital, berbagai layanan dan platform bermunculan untuk melayani populasinya yang beragam. Munculnya platform pembayaran digital seperti GoPay dan layanan pinjaman peer-to-peer menyoroti bagaimana keuangan digital mendorong inovasi rantai nilai dan mengubah ekosistem keuangan tradisional.

READ  Kehadiran UEA Akan Berdampak Positif di KTT G20: Dubes RI - Berita

Dengan berfokus pada inovasi di seluruh rantai nilai, perusahaan FSI Indonesia dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan mempersiapkan diri untuk kesuksesan jangka panjang, beradaptasi dengan dinamika pasar yang berubah dan preferensi konsumen.

Selain itu, penerapan inovasi rantai nilai memungkinkan perusahaan FSI menawarkan produk dan layanan yang disesuaikan. Pendekatan strategis ini memposisikan Indonesia sebagai penyedia jasa keuangan global terkemuka.

Pendekatan inovasi rantai nilai NEC

Studi Asian Development Bank (ADB). Highlight Sektor perbankan dan keuangan Indonesia menghadapi banyak tantangan, termasuk geografi negara kepulauan, akses teknologi yang terbatas, dan kesenjangan digital.

Faktor-faktor tersebut berkontribusi terhadap rendahnya penetrasi perbankan Pengecualian finansial. Selain itu, kesenjangan keterampilan dan kolaborasi yang tidak memadai antara bank dan perusahaan tekfin menghambat inovasi dalam industri ini. Hambatan ini mencegah lembaga keuangan menerapkan solusi inovatif untuk meningkatkan layanan dan menjangkau pasar yang kurang terlayani.

NEC Value Chain Innovation (VCI) didedikasikan untuk mendorong pendekatan kolaboratif untuk pemecahan masalah dengan bekerja sama dengan pelanggan dan mitranya untuk mengembangkan solusi inovatif. Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber dayanya yang luas, NEC memastikan bahwa semua pemangku kepentingan menyumbangkan kemampuan unik mereka untuk menciptakan solusi inovatif yang menjawab tantangan dunia nyata.

Pendekatan ini mendorong inovasi dan menghasilkan hasil yang lebih efisien, kuat, dan berkelanjutan untuk semua pihak yang terlibat. Dengan terlibat secara aktif dengan pelanggan dan mitra, NEC VCI menunjukkan komitmennya untuk membuka potensi penuh inovasi rantai nilai dan membina hubungan yang langgeng yang mendorong kemajuan bisnis.

Suresh Neelakandan

“Menyelesaikan tantangan pasar membutuhkan kolaborasi dan inovasi. Pendekatan VCI NEC memungkinkan FSI Indonesia berkolaborasi dengan lembaga keuangan dan ekosistem untuk mengembangkan dan mengembangkan solusi yang disesuaikan. Pendekatan berbasis kemitraan ini meningkatkan rantai nilai, meningkatkan efisiensi, dan memfasilitasi adopsi layanan keuangan canggih di seluruh negeri,” kata Suresh Neelakandan, Direktur Senior, Lab Inovasi Rantai Nilai NEC Asia Pasifik.

READ  Duta Besar Indonesia bergabung dengan Waterloo untuk kick-off fincaps Kanada

Sambil berusaha untuk menyediakan layanan yang dapat diakses oleh banyak orang, industri ini sangat cocok untuk memenuhi tuntutan perubahan era digital.

“Investasi strategis NEC dalam penelitian dan pengembangan global, dipadukan dengan kemitraan dengan perusahaan tekfin, membekali kami dengan keahlian dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan unik sektor keuangan Indonesia. Melalui kolaborasi lintas industri, berbagi informasi, dan mendobrak hambatan, NEC adalah berkomitmen untuk mendorong inovasi dan meningkatkan rantai nilai di FSI Indonesia dari VCI sangat penting,” tambah Suresh.

Inovasi rantai nilai

Pendekatan kolaboratif ini memungkinkan FSI Indonesia untuk merangkul transformasi digital dan beralih ke normal baru, menghasilkan inklusi keuangan yang lebih baik, pengalaman nasabah yang lebih baik, dan ekosistem keuangan yang lebih kuat.

Dalam dunia yang ditandai oleh VUCA (volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas), kreasi bersama yang didukung oleh teknologi digital mewakili masa depan. Hal ini sangat relevan selama ekspansi yang cepat di Indonesia Pasar Keuangan DigitalSistem yang lebih baik untuk menerapkan inovasi rantai nilai.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana inovasi rantai nilai NEC dapat merevolusi industri keuangan digital Indonesia? klik disini Untuk mengeksplorasi manfaat potensial dari pendekatan inovatif ini.

Cetak ramah, PDF & email