Februari 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Coloradans dari Indonesia mempromosikan budaya melalui Arsinda

Coloradans dari Indonesia mempromosikan budaya melalui Arsinda

Dengan 17.000 pulau, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia.

Di sini, di Colorado, jumlah orang Indonesia-Amerika mencapai ribuan.

Anie Pelletier datang ke Colorado dari Jawa, Indonesia setelah menerima beasiswa untuk belajar MBA di University of Denver. Dia mendirikan Arcinda untuk mendidik orang lain, membangun komunitas, dan terhubung dengan keluarganya dan budaya yang dicintainya.

“Saya ingin mempromosikan budaya Indonesia di masyarakat Amerika,” kata Pelletier. “Jadi, orang bisa berkunjung ke Indonesia dan ingin tahu lebih banyak tentang Indonesia.”

Ani Pelletier tampil dengan Gamelan.

CBS


Menurut UNESCO, gamelan adalah band perkusi yang merupakan bagian integral dari budaya Indonesia dan merupakan bagian penting dari warisan budaya dunia.

Aaron Stone menikahi istrinya Riri dalam budaya setelah bertemu dengannya di Asia Tenggara. Ia kini memasukkan alat musik tiup “modern”, klarinet, sebagai bagian dari Gamelan Orchestra.

“Saya sangat menyukai sejarah di baliknya. Itu adalah musik yang sangat kuno,” kata Stone.

Joseph Pelletier, mahasiswa tahun kedua di CU Boulder, menghargai kesempatan untuk belajar tentang tanah air ibunya sambil menjaga tradisi tetap hidup.

“Sangat menyenangkan mempelajari sesuatu yang baru dan belajar tentang berbagai jenis musik dan budaya di dunia,” katanya.

Desceline Rangison, kedua dari kiri, bersama orang tuanya pada tahun 1990.

CBS


Mantan “Miss Jakarta” Tseline Rangangisan, yang mulai menari pada usia 3 tahun, kini menikmati menari bersama menyanyi dan seni lainnya.

“Negara kita negara yang indah. Kita punya banyak budaya. Setiap negara punya banyak, banyak budaya. Beda-beda. Beda bahasa, beda budaya,” ujarnya tentang Indonesia.

Wayang kulit bercerita dan kembali ke rumah, para dalang bisa menghibur selama berjam-jam.

“Wayang Bayangan ratusan dan ratusan tahun yang lalu sebelum kita memiliki YouTube, sebelum kita memiliki film, sebelum kita memiliki televisi,” kata Ani Pelletier.

Kunci untuk melestarikan budaya adalah melibatkan generasi berikutnya. Batu Mars adalah lambang negara Indonesia, berpakaian seperti makhluk setengah manusia setengah burung.

“Itu burung yang disebut garuda, yang sudah sangat lama ada. Itu adalah makhluk mitos seperti burung phoenix atau griffin,” katanya.

CBS


Pertarungan klasik antara kebaikan dan kejahatan terekam dalam tarian tradisional pulau Jawa.

Sambutan hangat dari penonton Colorado adalah beberapa bagian terbaik dari penampilan bersama Arcinda.

Lihat penampilan Arcinda pada Minggu siang di Perpustakaan Emas, 1019 10th St. Golden pada pukul 12:30.

Kemudian pada pukul 15.30 di Perpustakaan Edgewater yang terletak di 1800 North Harlan Street di Edgewater.

Pelajari lebih lanjut di https://bit.ly/3O6YnAq

READ  Indonesia desak keyakinan agama untuk pertahankan perdamaian - Voice of Nigeria