Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

BYD akan meluncurkan 3 model EV di Indonesia, berencana membangun pabrik lokal

BYD akan meluncurkan 3 model EV di Indonesia, berencana membangun pabrik lokal

BYD telah meluncurkan Seal, Dolphin dan Atto 3 di Indonesia dan berencana menginvestasikan $1,3 miliar di pabrik berkapasitas 150.000 kendaraan.

(Foto file menunjukkan BYD Dolphin di Shanghai Auto Show April 2023. Kredit gambar: CnEVPost)

NEV (NEV) utama Tiongkok, BYD (OTCMKTS: BYDDF ) telah meluncurkan tiga model listrik di Indonesia, yang semakin memperluas kehadiran internasionalnya.

BYD hari ini meluncurkan sedan Seal, hatchback Dolphin dan SUV Atto 3 di Indonesia. Atto 3 diluncurkan di Tiongkok pada 19 Februari 2022 sebagai Yuan Plus, model pertamanya dibuat untuk pasar global.

BYD bertujuan untuk menjadi pemimpin pasar yang sama di Indonesia seperti halnya secara global. Reuters Eagle Zhao, presiden perusahaan tersebut di Indonesia, seperti dikutip dalam laporan hari ini.

“Tentunya kita juga harus memiliki target yang lebih agresif di Indonesia,” ujarnya.

Di Asia Tenggara, BYD mengungguli produsen mobil lain dalam penjualan kendaraan listrik berkat model yang terjangkau dan kemitraan dengan dealer lokal, menurut laporan Reuters.

BYD telah memasok bus dan taksi listrik melalui mitra lokal di Indonesia, mengirimkan 30 bus BYD pertamanya ke operator angkutan umum TransJakarta di Jakarta pada 8 Maret 2022.

Pada bulan Maret 2023, VKTR Group, distributor bus listrik BYD di Indonesia, mengirimkan 22 bus listrik K9 ke perusahaan bus lokal Mayasari, dan bus BYD gelombang kedua dikirimkan ke sana.

Pada Mei 2023, Blue Bird, operator taksi terbesar di Indonesia, mengatakan akan membeli 80 persen kendaraan listriknya dari BYD.

Selain menjual kendaraan di Indonesia, BYD berencana membangun pabrik di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

BYD berencana untuk menginvestasikan $1,3 miliar pada fasilitas yang berkapasitas 150.000 kendaraan, kata Kepala Menteri Perekonomian Indonesia Erlanga Hartardo dalam pesan video pada acara peluncuran pada hari Kamis, menurut laporan Reuters.

READ  Indonesia akan memproduksi hampir 700 juta ton batubara pada tahun 2023

BYD berada di jalur yang tepat untuk membangun fasilitasnya akhir tahun ini sesuai rencana dan akan membangun jaringan penjualan lokal hingga 50 dealer pada akhir tahun 2024, kata Zhao.

BYD menjual 341,043 NEV pada bulan Desember, sehingga penjualan setahun penuh pada tahun 2023 menjadi 3,024,417 unit.

Perusahaan menjual 36,095 NEV di luar negeri pada bulan Desember, menjadikan penjualan NEV di luar negeri menjadi 242,765 unit pada tahun 2023, lima kali lebih banyak dibandingkan tahun 2022, menurut data yang dikumpulkan oleh CnEVPost.

Pada tanggal 15 Januari, BYD meluncurkan kapal pengangkut mobil roll-on roll-off (ro-ro) pertamanya, yang terisi penuh dengan set sewaan, dengan tujuh kapal ro-ro lainnya dijadwalkan untuk mulai beroperasi dalam dua tahun ke depan.

Pengangkut mobil pertama BYD telah terisi penuh dan 7 lainnya akan bergabung dengan armada dalam 2 tahun ke depan