Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

BMKG memperingatkan cuaca buruk akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia

Tempo.co, Jakarta – DBeliau adalah Lembaga Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (PMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca buruk yang diperkirakan akan terus terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia selama sepekan ke depan. Hal ini disebabkan oleh prakiraan gelombang Rossby khatulistiwa yang akan aktif di Aceh, sebagian Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara serta berpotensi meningkatkan curah hujan.

“Aktivitas gelombang Kelvin juga aktif. Faktor-faktor tersebut mendukung kemungkinan berkembangnya awan di wilayah tersebut,” demikian bunyi pernyataan badan tersebut pada Selasa, 23 April.

Berdasarkan data BMKG, wilayah bertekanan rendah di Samudera Hindia barat daya Bengulu memanjang dari Sumatera Barat hingga pesisir barat Bengulu sehingga membentuk zona konvergensi dan zona konvergensi dari pesisir barat Aceh hingga barat Bengulu.

Badan tersebut juga mendeteksi adanya sirkulasi siklon di Laut Araburu dan Laut Flores yang memanjang dari Dataran Tinggi Papua hingga Papua bagian selatan dan membentuk zona konvergensi; Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan; Laut Banda sampai Sulawesi Tenggara; Di pesisir barat Aceh; Dari pesisir selatan Jawa Barat selatan Banten; Dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah; dan di Samudera Pasifik Utara di barat daya Papua. Semua kondisi ini merangsang berkembangnya awan hujan.

Oleh karena itu, BMKG memperkirakan hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Pengulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Jawa, Bandon, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah. , Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Begitu pula dengan potensi hujan sedang hingga lebat di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat. , dan Papua.

READ  Dubes RI Sambut Atlet dan Ofisial ke Olimpiade Tokyo

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati karena cuaca buruk mungkin terjadi pada minggu depan,” kata peringatan itu.

Cuaca ekstrim yang dimaksud antara lain angin puting beliung, petir, hujan es dan lain-lain. BMKG juga telah memperingatkan adanya banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin di kawasan tersebut.

Iryan Hasyim (Kontributor)

Seleksi Guru: BMKG memperingatkan gelombang setinggi 2,5 meter mungkin terjadi di sebagian wilayah laut Indonesia

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News