April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Bantuan kemanusiaan Indonesia tiba di Turkiye yang dilanda gempa

Bantuan kemanusiaan Indonesia tiba di Turkiye yang dilanda gempa

Istanbul

Sebuah pesawat Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan tiba di provinsi Adana selatan Turki yang dilanda gempa pada hari Rabu, menurut kementerian luar negeri Indonesia.

Anggota Dewan Pertimbangan Kebijakan Luar Negeri Turki Murat Salim Esenli menyambut baik kedatangan bantuan kemanusiaan dan perwakilan pemerintah Indonesia di Bandara Adana Sakirbasa.

Berbicara kepada wartawan di bandara, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendi, menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Turki dan masyarakat yang terkena dampak gempa Turki.

“Saya mewakili pemerintah Indonesia dan Bapak Presiden Jokowi mengutus saya ke Turki untuk mengunjungi korban bencana alam tahap ketiga dan memberikan bantuan kepada mereka,” tambah Effendi.

Menteri juga menggarisbawahi bahwa pemerintahnya akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk.

“Seperti yang biasa kita hadapi di Indonesia, akan ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi setelah tahap darurat bencana, dan tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk terlibat dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi selanjutnya, dan kita akan memanfaatkan pengalaman kita di menghadapi tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Esenli menunjuk pada persahabatan antara kedua negara: “Setelah gempa bumi yang dramatis, kami selalu merasakan solidaritas yang kuat dari Indonesia. Kunjungan Yang Mulia hari ini adalah bukti lain dari ikatan yang kuat antara Indonesia dan Turkiye. Seorang teman yang membutuhkan menjadi benar-benar seorang teman.”

Pada hari Selasa, Presiden Indonesia Joko Widodo memberangkatkan empat pesawat, dua ke Türkiye dan dua ke Suriah, dari Jakarta.

Sedikitnya 140 ton bantuan berupa makanan, pakaian, dan peralatan logistik diangkut untuk membantu meringankan beban korban gempa di Turki dan Suriah.

Semangat. Sedikitnya 43.556 orang tewas akibat dua gempa kuat di Turkiye selatan pada 6.

READ  Pemerintah Indonesia bertujuan untuk menghilangkan plastik sekali pakai pada tahun 2029

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6, berpusat di provinsi Kahramanmaras, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di 11 provinsi, termasuk Adana, Atiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hadai, Kilis, Malatya, Osmaniye, Elazig dan Sanliurfa.

Setidaknya 5.840 orang tewas dalam gempa dahsyat di Suriah.

Situs web Anadolu Agency hanya berisi sebagian dari berita yang dikirimkan ke pelanggan AA News Broadcasting System (HAS) dan dalam bentuk singkat. Hubungi kami untuk opsi berlangganan.