Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Banjir di Indonesia menyebabkan 34 orang meninggal dan 16 orang hilang

Banjir di Indonesia menyebabkan 34 orang meninggal dan 16 orang hilang

Sedikitnya 34 orang tewas dan 16 orang hilang setelah banjir bandang dan lahar dingin dari gunung berapi melanda Indonesia bagian barat, kata pejabat bencana setempat pada Minggu.

Hujan deras selama berjam-jam membanjiri dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat pada Sabtu malam dan mengirimkan abu serta batu-batu besar ke Gunung Marapi, gunung berapi paling aktif di pulau Sumatra di kepulauan itu.

Sejauh ini data kami ada 34 orang meninggal dunia: 16 di Agam dan 18 di Tanah Dadar. Sedikitnya 18 orang luka-luka. Kami masih mencari 16 orang, kata juru bicara Badan Bencana Daerah Sumbar Ilham Wahab kepada AFP.

Dia mengatakan tim penyelamat setempat, polisi, tentara dan sukarelawan terlibat dalam upaya pencarian.

Kabupaten Agam dan Tanah Dadar dilanda banjir bandang dan aliran lahar dingin sekitar pukul 22.30 (15.30 GMT) pada hari Sabtu, menurut Badan Pencarian dan Pertolongan Pasarnas.

Lahar dingin, disebut juga lahar, merupakan material vulkanik seperti abu, pasir, dan kerikil yang terbawa menuruni lereng gunung berapi melalui hujan.

Sebelumnya, Pasarnas menyebutkan 12 orang meninggal dunia, termasuk beberapa anak-anak.

Ilham mengatakan pada hari Minggu bahwa pihak berwenang masih menerima laporan orang hilang dari kerabat.

Ia mengaku belum bisa menyebutkan jumlah warga yang dievakuasi dari lokasi tersebut karena upaya pencarian dan penyelamatan masih terfokus pada korban dan orang hilang.

– Kerusakan masjid, rumah –

Di Kabupaten Tanah Datar, beberapa masjid dan kolam renang umum rusak di kawasan yang bebatuan besar dan pepohonan berserakan di tanah, menurut wartawan AFP di lokasi kejadian.

Di Lempa Anai, tujuan wisata populer dengan air terjun di Tanah Dadar, jalan yang menghubungkan kota Batang dan Bukitingi rusak parah dan akses mobil terputus.

READ  BENGALURU—Empat orang Indonesia mendapat kesempatan hidup baru di The New Indian Express

Di sungai terdekat, dua truk tersapu air banjir dan arus sungai yang deras, kata wartawan tersebut.

Di Agam, puluhan rumah dan fasilitas umum rusak, kata Kepala BNPB Budi Berwira Negara kepada AFP.

Sembilan jenazah, termasuk seorang anak berusia tiga tahun dan seorang anak berusia delapan tahun, telah diidentifikasi pada Minggu pagi, kata Abdul Malik, kepala organisasi penyelamat setempat, dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang telah mengirimkan tim penyelamat dan perahu karet untuk mencari orang hilang dan membawa orang ke tempat penampungan.

Pemerintah setempat mendirikan pusat evakuasi dan posisi darurat di beberapa wilayah distrik Akham dan Thana Dadar.

Indonesia rawan longsor dan banjir saat musim hujan.

Tanah longsor dan banjir menewaskan sedikitnya 26 orang di Sumatera Barat pada bulan Maret.

Pada tahun 2022, banjir di pulau Sumatera menyebabkan sekitar 24.000 orang mengungsi dan menewaskan dua anak, dan para aktivis lingkungan menyalahkan penggundulan hutan sebagai penyebab bencana tersebut semakin parah.

Pepohonan berperan sebagai pertahanan alami terhadap banjir, memperlambat aliran air menuruni bukit dan sungai.

Marabi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Pada bulan Desember, gunung tersebut meletus dan memuntahkan menara abu setinggi 3.000 meter (9.800 kaki) ke langit, lebih tinggi dari gunung berapi itu sendiri.

Sedikitnya 24 pendaki, sebagian besar mahasiswa, tewas dalam ledakan tersebut.

str-dsa/jfx/sco