Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Bandara ditutup karena warga Indonesia meninggalkan rumah mereka saat gunung berapi meletus

Pihak berwenang Indonesia menutup bandara dan penduduk mengungsi dari rumah di dekat gunung berapi yang meletus pada hari Kamis karena penyebaran abu, batu yang jatuh, awan vulkanik panas dan kemungkinan tsunami.

Setidaknya lima letusan besar terjadi di Gunung Ruang di bagian utara pulau Sulawesi pada hari Rabu, mendorong Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengeluarkan tingkat kewaspadaan tertinggi, yang mengindikasikan adanya letusan aktif.

Kawah tersebut terus mengeluarkan asap putih keabu-abuan pada siang hari Kamis, mencapai lebih dari 500 meter di atas puncak.

Masyarakat telah diperintahkan untuk tinggal setidaknya 6 km dari gunung setinggi 725 meter itu. Lebih dari 11.000 orang tinggal di daerah yang terkena dampak dan telah diminta untuk mengungsi. Setidaknya 800 orang telah melakukannya.

Bandara internasional di kota Manado ditutup sementara pada hari Kamis karena abu vulkanik bercampur di udara.

“Kami terpaksa menutup operasional penerbangan di Bandara Sam Ratulangi karena penyebaran abu vulkanik yang membahayakan keselamatan penerbangan,” kata Kepala Otoritas Bandara Daerah Amber Suryoko.

Risiko dari letusan mencakup kemungkinan sebagian gunung berapi bisa runtuh ke laut dan menyebabkan tsunami, kata Pusat Vulkanologi. Pulau Tagulandang, di sebelah timur gunung berapi, bisa terancam jika bencana terjadi, dan penduduknya termasuk di antara mereka yang diminta untuk mengungsi.

“Warga Pulau Tagulandang dan masyarakat yang berada dalam radius 6 km agar segera mengungsi ke tempat aman di luar radius 6 km, terutama yang tinggal di dekat pantai agar mewaspadai kemungkinan adanya batu pijar, awan panas meletus, dan gelombang tsunami yang mungkin ditimbulkan. jika suatu daerah gunung berapi ambruk ke laut,” kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Abdul Muhari, pada Kamis.

READ  Warga khawatir akan keselamatan setelah gunung berapi Gunung Ruang di Indonesia meletus

Penduduk akan direlokasi ke kota terdekat Manado di pulau Sulawesi, yang berjarak enam jam perjalanan dengan feri, kata badan tersebut.

Letusan gunung berapi telah memicu tsunami di masa lalu di Indonesia, termasuk letusan Gunung Ruang pada tahun 1871 dan letusan gunung berapi Anak Krakatau pada tahun 2018. Sebagian Gunung Anak Krakatau jatuh ke laut, memicu tsunami di sepanjang pantai Sumatera dan Jawa, menewaskan 430 orang.

Indonesia, rumah bagi 270 juta orang, memiliki 120 gunung berapi aktif. Pulau ini rentan terhadap aktivitas vulkanik karena berada di sepanjang “Cincin Api”, rangkaian garis seismik berbentuk tapal kuda yang mengelilingi Samudera Pasifik.