Maret 1, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Bagaimana nasib ibu kota baru Indonesia akan ditentukan pada pemilu pekan depan

Bagaimana nasib ibu kota baru Indonesia akan ditentukan pada pemilu pekan depan

Presiden RI Joko Widodo meninjau kemajuan di Nusantara pada 2 November 2023 dengan latar belakang kompleks Istana Kepresidenan (Presiden RI/Domain Publik)

Pemilihan presiden minggu depan di Indonesia pada tanggal 14 Februari telah menimbulkan sedikit ketegangan atas ibu kota baru negara, Nusantara, yang dibangun di hutan Kalimantan Timur di pulau Kalimantan.

Anies Baswedan, salah satu dari tiga calon presiden, mengkritik rencana tersebut dan mengatakan hal itu mengalihkan perhatian dari isu-isu yang lebih mendesak.

“Kami melihat kebutuhan yang lebih mendesak di depan mata kami. Di Kalimantan, banyak gedung sekolah yang rusak perlu dibangun kembali, dan ada kebutuhan mendesak untuk membangun jalur kereta api atau jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Kalimantan,” katanya saat debat pemilu pertama pada bulan Desember. laporan Nikki Asia.

“Pada saat yang sama, kita sedang membangun istana untuk presiden. Di mana rasa keadilan kita?” dia menambahkan.

Komentarnya tidak menjanjikan pembatalan proyek tersebut.

Presiden saat ini Joko Widodo telah memenangkan program tersebut sejak tahun 2019 ketika ia memenangkan masa jabatan presiden keduanya. Berdasarkan konstitusi Indonesia, ia tidak dapat mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

baru-baru ini Referendum Anis, mantan Gubernur Provinsi Jakarta, dikabarkan akan kalah melawan Prabowo Subianto, yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan di pemerintahan Joko Widodo.

Prabowo sangat mendukung megaproyek Nusantara, begitu pula pasangan wakil presidennya, putra Joko Widodo, Gibran Rakhine.

Situasi seputar pencalonan Gibran pada Oktober tahun lalu memicu kontroversi.

Namun jajak pendapat yang dilakukan pada 16 Januari oleh lembaga survei Indicator Politik menunjukkan bahwa Prabowo telah memperbesar keunggulannya menjadi sekitar 48,6%, sementara dukungan untuk Anies mencapai 24,2%.

Kanchar Branovo, yang mendukung kandidat ketiga, Nusantara, mendapat dukungan 21,6%, menurut jajak pendapat tersebut.

Untuk menang langsung pada putaran pertama, seorang kandidat harus memperoleh lebih dari 50% suara, dan setidaknya 20% suara di lebih dari separuh provinsi di Indonesia.

Jika tidak ada kandidat yang lolos pada tanggal 14 Februari, kandidat peringkat ketiga akan tersingkir, dan dua kandidat lainnya akan saling berhadapan dalam putaran kedua pada tanggal 26 Juni.

Prabowo tidak boleh berpuas diri, Peringatan Yohannes Suleiman adalah dosen Fakultas Ilmu Pemerintahan Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Jika kontestasi dilanjutkan ke putaran kedua, maka kekhawatiran terhadap pencalonan Gibran akan semakin membesar, katanya.

Gibran berusia 36 tahun, dan konstitusi melarang siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden.

Untuk memuluskan jalan Gibran, Mahkamah Konstitusi Indonesia pada bulan Oktober mengubah peraturan yang mengizinkan mereka yang berusia di bawah 40 tahun untuk mencalonkan diri jika mereka sebelumnya pernah terpilih untuk menduduki jabatan politik daerah.

Gibran saat ini menjabat Wali Kota Surakarta.

Keputusan tersebut kontroversial karena Ketua Mahkamah Agung, Anwar Usman, menikah dengan saudara perempuan Presiden Joko saat ini, sehingga menjadikannya ayah mertua Gibran.

Anwar dipecat sebagai ketua hakim karena melanggar protokol pengadilan, namun keputusannya tetap berlaku.

Sementara itu, di Kalimantan…

Rencana jangka panjang Joko Widodo adalah menetapkan ibu kota baru untuk 2 juta penduduk pada tahun 2045.

Diperkirakan biayanya $32 miliar, 80% di antaranya harus berasal dari sektor swasta.

Presiden segera menetapkan target agar komplek pemerintahan cukup siap menyambut perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini.

Akhir Januari tahun ini, penanggung jawab penyediaan ibu kota, Bambang Susantono, Istana Kepresidenan, dan Lapangan Festival. 54,7% selesai.

Batas waktu 17 Agustus akan dipenuhi, tegas Bambang, Ketua Komisi Modal Nusantara.

‘Layak Huni dan Diinginkan’

Namun, investor swasta belum terburu-buru masuk, meskipun ada insentif besar yang ditawarkan oleh Presiden setahun yang lalu.

Sebuah konsorsium swasta Indonesia mulai membangun proyek hotel dan komersial senilai $1,3 miliar pada bulan September lalu, namun untuk mencapai visi Joko, investasi tersebut perlu ditingkatkan secara signifikan.

Berbicara pada akhir Januari, Bambang Susantono dikatakan Sekitar $3 miliar telah diinvestasikan di Nusantara sejauh ini, dan $2,3 miliar di antaranya berasal dari sektor swasta.

“Kami ingin Nusantara Capital memiliki ekosistem yang utuh,” ujarnya.

“Bukan hanya fasilitas umum atau kantor pemerintahan, tapi tempatnya juga [small businesses], tempat nongkrong, tempat stand up comedy atau tempat olah raga. Hal inilah yang ingin kami ciptakan, agar kota ini tidak hanya layak huni, tapi juga lovable.