Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Asia/Indonesia – Seratus tahun sejak pertemuan pertama para uskup di Indonesia: Umat beriman menunggu kunjungan Paus

Asia/Indonesia – Seratus tahun sejak pertemuan pertama para uskup di Indonesia: Umat beriman menunggu kunjungan Paus

Asia/Indonesia – Seratus tahun sejak pertemuan pertama para uskup di Indonesia: Umat beriman menunggu kunjungan Paus

Jakarta (Agenzi Fides) – Selama seratus tahun, misi Gereja di Indonesia adalah menjunjung tinggi iman, dan misi para uskup adalah memimpin “komunitas iman” bersama-sama. Gereja dan bangsa”, kata para uskup Indonesia pada peringatan seratus tahun pertemuan pertama para uskup apostolik dan pemimpin apostolik Indonesia pada tahun 1924. Dalam sidang umum luar biasa bulan Mei, konferensi para uskup mengadakan pertemuan kemarin, 15 Mei, sebagai bagian dari dari program yang penuh dengan berbagai inisiatif, 37 uskup, dua kardinal dan Nuncio Apostolik untuk Indonesia mengikuti misa dan upacara yang dipimpin oleh Kardinal Ignatius Suharyo dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), di Jakarta Pusat.
Uskup Antonius Bunjamin (OSC), ketua Sinode Para Uskup dan Uskup Keuskupan Bandung di Jawa Barat, memperingati seratus tahun tersebut dan mengatakan, “Konferensi Waligereja Katolik diharapkan diadakan pada saat ketidakpastian di masyarakat. beritikad baik” di Indonesia, KWI “umum Ia mengapresiasi kerja sama dengan lembaga dan organisasi lain dalam semangat “Jalan”. Terutama “Berjalan bersama demi kebaikan Gereja dan Bangsa” adalah tema resmi pertemuan kali ini para uskup. “Para uskup Indonesia tertarik pada karya Gereja saat ini dan karya Yesus serta murid-muridnya,” kata nuncio tersebut dengan menekankan bahwa hal ini mengikuti arah “perkembangan Gereja dan bangsa”, “Paus Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September mendatang pasti akan semakin menguat. “Semangat dan iman komunitas kita,” katanya, “akan menginspirasi semangat misionaris yang kuat untuk menyebarkan Injil Yesus.” Hal ini akan terwujud dalam bentuk kontribusi Kementerian Agama dan departemen khususnya, Direktorat Jenderal untuk Komunitas Katolik, yang menjamin kerjasama penuh. Seperti yang dijelaskan Direktur Subarman, kewenangannya adalah “keagamaan Ini akan memberikan bantuan keuangan kepada organisasi, terutama di daerah terpencil atau terlantar, untuk renovasi dan rehabilitasi tempat ibadah dan lembaga pendidikan awal abad ke-20 terdapat surat edaran gerejawi para vikaris dan provinsi apostolik (Batevia, Maluku, Irian Jaya, Kalimantan, Sumatra, Nusa Tenggara dan Sulawesi) yang mengadopsi kesepakatan umum untuk pertama kalinya pada tahun 1924. Pertemuan pada tanggal 15 dan 16 Mei, Tahun 1924, di Katedral Jakarta, diadakan pertemuan pertama para uskup se-Nusantara, dan vikaris apostolik Jakarta Uskup A. Van Velsen memimpin. (PA) (Agenzia Fides, 16/5/2024)

READ  Taman Indonesia ini sulit dijangkau, tetapi layak dikunjungi oleh penyelam scuba dan perenang snorkel.


Membagikan: