Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

AS dan Indonesia memperluas kerja sama pertahanan, dimulai dari bidang siber dan luar angkasa

AS dan Indonesia memperluas kerja sama pertahanan, dimulai dari bidang siber dan luar angkasa

Jakarta, Indonesia-Amerika Serikat ingin membantu Indonesia meningkatkan pertahanan siber militer dan kemampuan ruang angkasa sebagai bagian dari program kerja sama pertahanan yang baru, para pejabat pertahanan mengumumkan pada hari Kamis.

“Saat kami berlatih dengan sekutu dan mitra, kami ingin memastikan bahwa kami membantu mereka mengembangkan kemampuan mereka juga,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin kepada wartawan. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara’ Pertemuan Menteri Pertahanan. “Tentu saja mereka tidak akan berada di posisi yang sama dengan kita, tapi kita bisa mulai membantu mereka memahami nilai memiliki keterampilan di bidang ini dan mengembangkan keterampilan tersebut.”

Cyber ​​​​berarti bahkan negara kecil pun bisa efektif dan berguna bagi sekutu dan mitra lain yang memiliki kemampuan terbatas, kata Austin.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas di Indo-Pasifik—khususnya Asia Tenggara—dan seorang pejabat senior pertahanan mengatakan negara-negara melihat kerentanan dunia maya sebagai “kekhawatiran nyata, termasuk infrastruktur penting mereka” dan peran angkatan bersenjata dalam dunia maya. Keamanan.

“Keamanan siber semacam itu sangat penting seiring dengan upaya kita untuk meningkatkan hubungan keamanan, latihan baru, dan kerja sama teknis yang lebih erat,” kata pejabat itu. “Karena kami pikir itu sangat penting jika kami ingin memperluas hubungan, kami perlu memindahkan hubungan keamanan ke bidang-bidang yang paling penting.”

Itu Ditingkatkan AS-Indonesia Kerja Sama Keamanan Perjanjian Hal ini termasuk upaya untuk meningkatkan latihan militer, yang merupakan bagian dari tren yang berkembang dalam hubungan AS di kawasan.

“Kami memulainya dengan mengumumkan tahun 2023 Ekspansi Perjanjian kerja sama pertahanan kami yang ditingkatkan dengan Filipina untuk menambah empat pangkalan baru sehingga totalnya menjadi sembilan pangkalan,” kata Austin kepada wartawan. “Anda telah melihat kami memperluas cakupan dan skala latihan kami dengan mitra di seluruh Asia Tenggara.”

READ  india yang megah kembali ke India

Perjanjian AS-Indonesia Mendukung Peningkatan Kapasitas Internet Praktik Untuk militer Indonesia, namun tidak ada unsur cyber yang ofensif saat ini. Ada juga Departemen Luar Negeri Menyediakan dukungan internet Untuk negara.

Mengenai ruang, Austin mengatakan ada banyak ruang untuk berkembang dan banyak negara yang ingin belajar.

“Di bidang ini, ke depan, ada banyak perkembangan yang perlu dilakukan,” kata Austin. “Tetapi yang pasti, negara-negara tertarik dengan hal ini… mereka tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang perlu mereka lakukan untuk membangun kemampuan. Jadi kita melakukan diskusi yang tepat, melakukan hal yang benar melalui pelatihan, dan negara-negara sangat antusias. tentang hal itu. Mereka menginginkan lebih banyak lagi.”

Namun, untuk mendorong pertumbuhan tersebut diperlukan sumber daya.

“Ketika Anda berbicara tentang ruang angkasa, tidak ada satupun dari kemampuan tersebut yang murah, namun… ada peluang bagi negara-negara untuk bermitra dengan kami, bekerja sama satu sama lain dan mengembangkan kemampuan baru,” katanya, seraya menambahkan bahwa beberapa kemampuan terestrial dapat mempengaruhi ruang angkasa. domain. .

Fokus pada kemampuan luar angkasa mencerminkan lingkungan militer yang semakin kompleks. Angkatan Luar Angkasa melakukannya terlebih dahulu Pelatihan Penerbangan Internasional Tahun lalu diperbesar Peperangan elektronik dan ancaman di orbit. AS juga ingin melakukan latihan komponen luar angkasa dan koordinasi dengan mitra di Asia Tenggara termasuk Filipina dan Indonesia, kata seorang pejabat senior pertahanan.