Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Apa langkah selanjutnya untuk merek-merek di lanskap e-commerce Indonesia?

Oleh: Fransiskus Ditra, CEO Intrepid Indonesia, penyedia e-commerce dan solusi digital di Asia Tenggara

Menurut laporan e-Conomy SEA 2022, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai $130 miliar pada tahun 2025. Dengan lanskap ekonomi yang berkembang, pertumbuhan e-commerce masih meningkat, tetapi pada tingkat yang lebih lambat dari tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan populasi konsumen digital yang stabil (Indonesia memiliki jumlah konsumen digital terbesar di Asia Tenggara) dan pertumbuhan kebutuhan konsumen digital pasca pandemi merupakan kontributor utama potensi pasar.

Naiknya harga yang dipicu oleh angin sakal ekonomi makro telah menyebabkan meningkatnya kekhawatiran tentang loyalitas merek konsumen. Di Indonesia, 77% responden telah mencoba berbagai merek dalam 3 bulan terakhir, terutama karena harga dan promosi yang menarik. Selain itu, transisi mulus dari offline ke online mendorong peningkatan permintaan untuk pengalaman berbelanja yang terintegrasi.

Tahun 2023 menghadirkan tantangan bagi merek untuk memikirkan kembali pendekatan mereka dalam memenuhi kebutuhan konsumen, mendorong kemampuan, dan alokasi investasi strategis sekaligus. Berikut adalah pertimbangan utama untuk merek yang akan menjadi faktor di tahun mendatang.

Dengan kebutuhan akan pengalaman online dan offline yang lebih terintegrasi, merek harus mengevaluasi maksud dan tujuan di balik kedua saluran tersebut. Sementara media online sangat penting untuk penemuan dan promosi produk, perjalanan konsumen end-to-end menunjukkan bahwa saluran offline sangat penting untuk tahap pembelian, memberikan pengalaman dan perasaan yang lebih baik kepada pengguna sebelum menyelesaikan pembelian.

Merek yang bertujuan untuk mengelola konflik saluran secara efektif dan merek yang bertujuan untuk terus mengembangkan saluran online mereka akan membutuhkan pembeda utama untuk memastikan kesuksesan. Misalnya, saat merencanakan promosi dan diskon untuk saluran online, memperoleh wawasan tentang performa merek dan harga terhadap pesaing dapat menjadi keuntungan tambahan, terutama dalam mendorong penjualan dan keputusan bisnis dalam lanskap persaingan.

READ  Berita virus corona: Bayi meninggal karena 'tingkat bahaya' penyakit covid di Indonesia

Inovasi dalam pengelolaan e-commerce dan teknologi pemasaran akan terus menjadi game changer, khususnya di Indonesia. Saat bisnis mengencangkan ikat pinggang mereka pada tahun 2023, banyak yang akan memaksakan pembatasan ganda. Masalah muncul terutama saat mengelola banyak toko dan banyak platform. Dan salah satu cara untuk memastikan efisiensi yang mulus dalam proses ini adalah dengan memanfaatkan teknologi secara lebih besar.

Berinvestasi dalam alat otomatisasi yang tepat untuk membantu merampingkan dan mengotomatisasi operasi toko di pasar; Ini memberi merek lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan strategis sambil memberikan hasil yang lebih baik melalui pengoptimalan otomatis yang berkelanjutan.

Perjalanan konsumen yang mulus selalu penting untuk penjualan dan pertumbuhan bisnis online. Ke depan, akan sangat penting bagi merek untuk menggabungkan pendekatan end-to-end holistik untuk mengelola dan mengintegrasikan saluran online dan offline guna memastikan konsistensi di berbagai titik sentuh. Saat merek memilih untuk mengalihdayakan saluran online mereka ke pemasar individu, penting untuk mempertimbangkan mitra yang bertindak sebagai perpanjangan alami merek, menyelaraskan nada dan pesan di semua saluran digital dan memastikan transisi yang mulus secara keseluruhan. Dari offline ke online.

2023 mungkin datang dengan babak baru tantangan tetapi tidak menggambarkan prestasi yang sama sekali mustahil untuk kesuksesan merek. Saat bisnis menilai kembali keseluruhan strategi mereka untuk tahun mendatang, penting untuk mempertimbangkan manfaat bekerja sama dengan penyedia solusi terintegrasi penuh dengan keahlian spesialis di semua bidang utama yang diperlukan untuk meningkatkan kehadiran e-commerce seluruh merek. Mungkin.

*) Penyangkalan

Artikel yang diterbitkan di bagian “Pandangan & Cerita Anda” di situs web en.tempo.co adalah pendapat pribadi yang ditulis oleh pihak ketiga dan tidak dapat dikaitkan atau dikaitkan dengan posisi resmi en.tempo.co.