Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

10 juta generasi Z Indonesia menganggur

10 juta generasi Z Indonesia menganggur

Oleh VNA 24 Mei 2024 | 04:29 PT

Jakarta, Indonesia. Foto oleh Pixabay

Tingkat pengangguran generasi Z (yang lahir antara tahun 1997 dan 2012) di Indonesia menyebabkan tekanan ekonomi dan pemborosan sumber daya manusia.

Pada tanggal 23 Mei, Menteri Ketenagakerjaan Indonesia Aida Faucia mengutip laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa Indonesia akan memiliki 44,47 juta penduduk berusia 15-24 tahun pada tahun 2023, dan 9,9 juta penduduk berusia 15-24 tahun di antaranya merupakan pengangguran.

Sebagian besar generasi muda yang menganggur atau tidak melakukan kegiatan produktif merupakan generasi Z yang lahir antara tahun 1997 dan 2012.

Menurut Aida, salah satu penyebab tingginya angka pengangguran di kalangan generasi muda adalah ketidaksesuaian antara keterampilan lulusan dan kebutuhan industri di pasar tenaga kerja.

Ia mengatakan Indonesia harus fokus melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2022 untuk memulihkan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Ia menambahkan, khususnya pendidikan dan pelatihan vokasi harus disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Selain itu, Kementerian Pendidikan harus berkolaborasi dengan kementerian dan cabang terkait untuk mengembangkan solusi guna meningkatkan kualitas sumber daya tenaga kerja terampil guna memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja.

READ  Perkelahian antara 2 pemuda Indonesia berujung pada penyelidikan terhadap kekayaan PNS