Mei 6, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Amerika Serikat bergabung dalam upaya pencarian terakhir: NPR

Kapal angkatan laut Indonesia itu tampaknya licin minyak saat melakukan pencarian pada hari Jumat untuk kapal selam KRI Nangala 402 di Laut Bali.

Eric Black / AB


Sembunyikan judul

Ubah judulnya

Eric Black / AB

Kapal angkatan laut Indonesia itu tampaknya licin minyak saat melakukan pencarian pada hari Jumat untuk kapal selam KRI Nangala 402 di Laut Bali.

Eric Black / AB

Amerika Serikat bergabung dalam pencarian internasional untuk kapal selam Indonesia yang hilang yang kehilangan kontak dengan pangkalannya awal pekan ini. Para pejabat mengatakan KRI Nangala 402, jika masih utuh, memiliki suplai oksigen kurang dari sehari untuk mempertahankan 53 karyawannya.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengumumkan di Twitter Kamis malam bahwa Amerika Serikat “mengirim aset udara untuk membantu mencari kapal selam yang hilang” atas permintaan Indonesia.

KRI Nangala 402 hilang pada Rabu pagi saat mengikuti pelatihan di Laut Bali. Kapal bertenaga diesel, dibangun di Jerman, melewatkan uji radio berikutnya, dan kemudian tidak terdengar lagi.

Menurut juru bicara militer Indonesia, perwira akan didorong keras dalam beberapa jam untuk menghitung bahwa angkatan laut akan kehabisan oksigen di kapal – pada jam 3 pagi pada hari Sabtu (jam 4 sore pada hari Jumat).

“Kami akan meningkatkan upaya hari ini hingga pukul 3 pagi besok,” kata Mayjen Ahmed Riyadh kepada wartawan.

Beberapa angkatan laut Indonesia dan kapal lain serta sebuah pesawat patroli terlibat dalam pencarian pit terakhir pada hari Jumat, dengan fokus pada daerah di mana minyak ditemukan lunak awal pekan ini, kata para pejabat, menambahkan bahwa tidak ada bukti konklusif yang datang dari kapal selam tersebut.

India Kamis Terkirim Kapal Penyelamat Deepwater, Singapura, Malaysia, untuk membantu pencarian Australia Dan negara-negara lain yang telah berjanji untuk membantu pencarian dan pemulihan apa pun.

Tapi menghapus jam, bantuan kemungkinan akan datang terlambat.

Pejabat militer Indonesia berharap penyelamatan masih mungkin dilakukan, tetapi mereka khawatir kapal selam itu mungkin tenggelam terlalu dalam untuk pulih segera setelah hilang. Para pejabat menunjukkan bahwa KRI Nangala 402 memiliki kedalaman operasi maksimum di kisaran 200 hingga 250 meter (sekitar 655 hingga 820 kaki). Tetapi para pejabat mengatakan itu bisa tenggelam sedalam 2.300 kaki.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, para pencari telah menemukan objek tak dikenal dengan magnet tinggi di ketinggian 50 hingga 100 meter (sekitar 165 hingga 330 kaki) di atas permukaan terdekat di mana mereka yakin kapal selam itu hilang.

KRI Nangala 402 dibangun pada akhir tahun 1970-an dan telah digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia sejak awal tahun 80-an. Terlepas dari usianya, kapal selam tersebut melewati rekonstruksi di Korea Selatan pada tahun 2012, dan angkatan laut Indonesia bersikeras bahwa kapal itu disertifikasi melalui laut.

READ  Teluk Muslim Indonesia atas penangkapan YouTuber Kristen

Penyebab hilangnya data tersebut belum diketahui. Kapal kehilangan kontak saat melakukan latihan senjata, yang dikatakan sebagai latihan torpedo, tetapi Angkatan Laut mengatakan mungkin tidak berdaya untuk membantu prosedur darurat untuk muncul kembali setelah pemadaman listrik setelah menyelam.